//

STRATEGI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RYAN YUDHI MURIANTO - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penerapan konsep masyarakat madani di Kota Banda Aceh semakin kuat dengan adanya dukungan legalitas penerapan syariat islam dan qanun tentang syariat islam. Untuk mewujudkan masyarakat madani tentu memiliki banyak tantangan yang harus dilalui. Maka dari itu perlu adanya strategi peningkatan peran Pemko seperti bidang pendidkan dan fungsi masyarakat dalam mengangkat martabat manusia menuju masyarakat madani itu sendiri. Upaya mewujudkan masyarakat madani melibatkan semua elemen untuk ikut berperan aktif baik dari pemerintahan, dinas syariat islam, ulama, kepolisian, organisasi masyarakat dan lain-lain. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mewujudkan masyarakat madani serta untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadap oleh Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mewujudkan masyarakat madani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Pengumpulan data primer yaitu perolehan data melalui wawancara. Pengumpulan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mewujudkan masyarakat madani. Strategi kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh ada 7 di antaranya meningkatkan kualitas pengamalan agama menuju pelaksanaan Syariat islam secara kaffah, memperkuat tata kelolah Pemerintahan yang baik, memperkuat ekonomi kerakyatan, menumbuhkan masyarakat yang berintelektualitas dengan sehat dan berilmu pengetahuan teknologi, menigkatkan pembangunan infrastuktur parawisata islami, meningkatkan partisipasi perempuan dalam ranah publik, menigkatkan peran pemuda sebagai kekuatan pembangunan Kota. Kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Banda Aceh ada 5 yaitu: kurangnya kepahaman dan kesadaran masyarakat dalam mengamalkan syariat islam, tata kelolah Pemerintah belum optimal, kesempatan dan keterampilan pencari kerja masih terbatas, pemberdayaan ekonomi kerakyatan masih rendah dan pendidikan belum standar nasioanl (SNP). Diharapkan Pemko dan seluruh pokja SKPD untuk menjalani amanahnya dengan profesional. Penulis mengharapkan agar pemerintah Kota Banda Aceh lebih serius dan aktif dalam menyikapi permasalahan dalam mewujudkan masyarakat madani di Kota Banda Aceh. Kata Kunci: Strategi Kebijakan, Pemerintah Kota Banda Aceh, Masyarakat Madani.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM MEWUJUDKAN KOTA MADANI (Herman Syahputra, 2017)

STRATEGI DAN PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM MEWUJUDKAN PENCITRAAN SEBAGAI KOTA MADANI (Desi Fitriani, 2014)

KONSEP ISLAM MADANI DALAM KEBIJAKAN ILLIZA SA’ADUDDIN DJAMAL (Lailatul Qadri, 2019)

KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM PEMBANGUNAN KESEHATAN GAMPONG (SUATU KAJIAN PROGRAM MODEL GAMPONG SEHAT DI GAMPONG NEUSU ACEH) (Firman Ilmi, 2017)

STUDI KONSERVASI KAWASAN DALAM PERSPEKTIF KODA MADANI, STUDI KASUS: KAWASAN PECINAN PEUNAYONG BANDA ACEH (Zahratul Idami, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy