//

PERBEDAAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA MEROKOK DAN TIDAK MEROKOK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2010 UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Berlian Miza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Latar Belakang: Rokok mengandung zat-zat yang berbahaya diantaranya adalah nikotin. Secara fisiologik nikotin akan merangsang reseptor di otak dan neurotransmiter seperti asetilkolin, dopamin, serotonin, norepinefrin dan asam amino gamma butirat sehingga dapat mengganggu mekanisme siklus bangun-tidur yang nantinya akan mempengaruhi kualitas tidur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas tidur mahasiswa yang merokok dan tidak merokok di Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter angkatan 2010 Universitas Syiah Kuala. Metode: Jenis penelitian adalah studi perbandingan dengan rancangan casecontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sebanyak 84 mahasiswa didapat 39 mahasiswa merokok dan 38 mahasiswa tidak merokok dan 7 mahasiswa eksklusi. Pengambilan data mulai tanggal 3 sampai dengan 17 September 2013 dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Data dianalisis secara univariat, bivariat dan uji Mann-Whitney. Hasil: Hasil penelitian didapatkan dari 39 mahasiswa yang merokok, 10 mahasiswa (26%) mengalami kualitas tidur baik, 29 mahasiswa (74%) mengalami kualitas tidur buruk. Dari 38 mahasiswa yang tidak merokok didapatkan 24 mahasiswa (63%) mengalami kualitas tidur baik, sebanyak 14 mahasiswa (37%) mengalami kualitas tidur buruk. Kesimpulan: Terdapat perbedaan kualitas tidur antara mahasiswa merokok dan tidak merokok (p = 0,01, rata-rata rangking = 31,87) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter angkatan 2010 Universitas Syiah Kuala dengan Ratio Prevalence (RP): 2,0 (CI: 1,280 – 3,182). Artinya mahasiswa dengan riwayat merokok memiliki peluang 2 kali mengalami kualitas tidur buruk dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak merokok. Kata Kunci: Merokok, Kualitas tidur, Mahasiswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA DERAJAT MEROKOK DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Cut Zilda Hazen, 2016)

HUBUNGAN MEROKOK DENGAN KUALITAS HIDUP PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Fitriana Anwar, 2016)

HUBUNGAN ANTARA MEROKOK DENGAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SANDO P MALAU, 2017)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PENINGKATAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (PUTRI RAHMADHANI, 2017)

GAMBARAN PENDEKATAN BELAJARRN(APPROACHES TO LEARNING)RNPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITASRNSYIAH KUALA DALAMRNDISKUSI TUTORIAL (Nuril Annissa Niswanto, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy