//

PENGUASAAN RETORIKA DALAM PIDATO DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SANTRI DAYAH MODERN DARUL ‘ULUM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MASDALIFAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Penguasaan Retorika dalam Pidato dan Kepercayaan Diri Pada Santri Dayah Darul ‘Ulum Banda Aceh. Setiap santri diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan pidato yang diadakan oleh Dayah. Pemahaman santri terhadap penguasaan retorika masih kurang baik, beberapa santri masih merasa gugup dan lupa terhadap naskah pidato. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan retorika yang digunakan santri Dayah Darul ‘Ulum Banda Aceh dalam penyampaian pidato dan mengetahui cara santri dalam meningkatkan kepercayaan diri ketika berpidato. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah santriwan dan santriwati Dayah Darul ‘Ulum dan pembimbing pidato. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria peneliti. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Retorika merupakan seni atau teknik yang digunakan pembicara dalam berpidato yang memiliki tujuan menyampaikan pikiran dan perasaan kepada audience agar audience mengikuti kehendak si pembicara. Kepercayaan diri dalam berpidato merupakan suatu sikap atau perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri dalam melakukan komunikasi di depan umum. Hasil penelitian adalah penguasaan retorika yang dimiliki santri pada umumnya menerapkan teori retorika yaitu langgam khutbah, gaya pidato yang disampaikan dengan memperhatikan intonasi dan ketepatan tinggi rendah suara dan langgam didaktif, memberikan penjelasan dari materi yang dibawakan. Penyampaian pidato bagi santri menggunakan metode menghafal dan berpatokan dengan naskah. Cara yang dilakukan santri untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika berpidato yaitu dengan mengalisis audience sebelum tampil, berfikir positif, menjadi diri sendiri, latihan sendiri dan berusaha mengeluarkan suara yang lantang ketika penyampaian pidato. Dukungan yang diberikan pembimbing seperti memberi penegasan dapat menambah rasa keberanian santri dan dukungan audience seperti memberikan semangat, tepukan tangan, dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri santri Dayah Darul ‘Ulum. Kata Kunci: Retorika, Pidato, Kepercayaan Diri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI KELAS VII DI DAYAH MODERN DARUL ULUM BANDA ACEH (Suci Zahratulliza, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG SANTRI DI BANK SYARIAH PADA SANTRI DAYAH MODERN DARUL ULUM BANDA ACEH (ICHSAN KAMIL, 2019)

AN ANALYSIS OF STUDENTS’ SATISFACTION TOWARD ENGLISH DAY PROGRAM AT DARUL ULUM ISLAMIC BOARDING SCHOOL, BANDA ACEH (Rahmatullah, 2019)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN ANGKA KESAKITAN SANTRI DI PESANTREN MODERN DARUL ULUM BANDA ACEH TAHUN 2012 (Ananda Putri Phonna, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIDUR SANTRIWATI DAYAH MODERN DARUL ULUM YAYASAN PENDIDIKAN UMAT ISLAM (YPUI) BANDA ACEH (Driska Agustina, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy