//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP SINDROM DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI TURSINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Lanjut usia merupakan proses menua pada manusia yang tidak dapat dihindarkan, yang ditandai dengan penurunan fungsi tubuh untuk beradaptasi dengan stres lingkungan, dan merupakan tahap akhir dari siklus kehidupan manusia. Hal tersebut merupakan beban berat bagi lansia yang dapat menimbulkan depresi. Salah satu cara untuk mengurangi gejala depresi pada lansia adalah dengan meningkatkan kesehatan psikososial melalui dukungan sosial terutama dari dukungan keluarga. Dukungan keluarga memengaruhi kemampuan lansia untuk mencegah terjadinya stres dan depresi dalam kehidupannya, dan meningkatkan kemampuan fungsional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan sindrom depresi pada lansia. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan deain cross sectional study terhadap 55 lansia di Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng. Sampel dipilih menggunakan teknik total sampling. Variabel yang diukur adalah dukungan keluarga dan sindrom depresi pada lansia. Uji statistik menggunakan uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil analisis bivariat adalah p=0,018 yang menunjukkan adanya hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan sindrom depresi pada lansia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan sindrom depresi yang dialami oleh lansia. Kata kunci: Lanjut usia, dukungan keluarga, depresi pada lansia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP SINDROM DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (SRI TURSINA, 2014)

GAMBARAN PERIODONTITIS KRONIS PADA USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Rauzha Wulana Cindy, 2016)

HUBUNGAN STATUS SOSIODEMOGRAFI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Cut Lamia Isnaini, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (fadhlianur, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FUNGSI KOGNITIF USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG KOTA BANDA ACEH (Zahriani Ulfa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy