//

KUALITAS HIDUP PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safiza Khausarika - Personal Name
SubjectQUALITY OF LIFE
CHRONIC OBSTRUCTIVE PULMONARY DISEASES - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Latar Belakang : Pada penderita PPOK terjadi penurunan fungsi paru yang dapat menyebabkan keterbatasan aktifitas sehingga terjadi penurunan kualitas hidup. Tujuan penelitian ini untuk menilai kualitas hidup pasien PPOK berdasarkan skala sesak, derajat PPOK dan frekuensi eksaserbasi. Metode : Design penelitian ini adalah deskriptif observasional dan subjek yang diteliti adalah 40 pasien PPOK stabil. Waktu penelitian selama 3 bulan mulai dari bulan Juli hingga September 2013 di Poliklinik paru RSUDZA Banda Aceh. Kualitas hidup dinilai menggunakan kuisioner SF-36, derajat sesak dinilai menggunakan skala sesak (mMRC Scale), derajat PPOK diukur menggunakan spirometri dan riwayat eksaserbasi diperoleh melalui wawancara. Hasil : Responden PPOK yang memiliki kualitas hidup buruk sebesar 70%, sesak napas derajat 3 dengan kualitas hidup buruk sebesar 60%, PPOK derajat 3 dengan kualitas hidup buruk sebesar 45% dan frekuensi eksaserbasi ≥ 2 kali/ tahun dengan kualitas hidup buruk sebesar 67,5%. Kesimpulan : 70% responden PPOK di Poliklnik Paru RSUDZA Banda Aceh mengalami kualitas hidup buruk, 60% responden sesak napas derajat 3 memiliki kualitas hidup buruk, 45% responden derajat 3 PPOK memilki kualitas hidup buruk dan 67,5% responden dengan frekuensi eksaserbasi ≥ 2 kali/ tahun memiliki kualitas hidup buruk. Kata Kunci: Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), derajat PPOK, skala sesak (mMRC scale), eksaserbasi, kualitas hidup, kuisioner SF-36.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PASIEN YANG DATANG KE POLI PARU BLUD RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN PERIODE JANUARI - MEI 2014 (Puti Lenggogeni, 2015)

KUALITAS HIDUP PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK DI POLI PARU RSUDZA BANDA ACEH (Safiza Khausarika, 2014)

HUBUNGAN PENYAKIT PARU OBSTRUKSI KRONIK (PPOK) TERHADAP RISIKO OBSTRUCTIVE SLEEP APNEA (OSA) DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Zati Hasyyati Ali, 2017)

HUBUNGAN DERAJAT SESAK NAPAS DENGAN DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP SERTA DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK) DI RSUDZA BANDA ACEH (Telavani Umri, 2018)

HUBUNGAN DERAJAT OBSTRUKSI DAN FREKUENSI EKSASERBASI AKUT DENGAN STATUS GIZI PADA PENDERITA PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK DI POLIKLINIK PARU RSUDZA BANDA ACEH (Maulidita RIzki Putri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy