//

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN POWER OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN SERVIS FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA PADA MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang saifullah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: koordinasi mata tangan, power otot lengan, servis forehand dan tenis meja Penelitian yang berjudul ‘‘Hubungan Koordinasi Mata Tangan dan Power Otot Lengan dengan Kemampuan Servis Forehand dalam Permainan Tenis Meja pada Mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah Tahun Akademik 2012’’. Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.Kondisi fisik merupakan salah satu yang mempengaruhi teknik dalam permainan tenis meja. Unsur koordinasi mata tangan dan power otot lengan sangat diperlukan dalam melakukan salah satu teknikservis forehand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Koordinasi Mata Tangan dan Power Otot Lengan dengan Kemampuan Servis Forehand dalam Permainan Tenis Meja Pada Mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah Tahun Akademik 2012. Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif dengan uji korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah Tahun Akademik 2012 yang berjumlah sebanyak 115 orang. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 orang yang didapatkan melalui random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes lempar tangkap untuk mengukur koordinasi mata tangan, tes medicine ball push untuk mengukur power otot lengan dan tes servis untuk mengukur servis forehand. Data diolah dengan menggunakan statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata, SD, korelasi ganda, determinasi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan X1=19,35, X2=4,41, Y= 19,74, SDx1=2,46, SDx2= 0,61, SDy=2,28, rx1y=0,84, rx2y=0,89, rx1x2=0,83, Ryx1x2=0,89, Kp=79,21% dan pengujian hipotesis dengan uji Fhit sebesar 37,61. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian variabel x1 dan x2 mempengaruhi variabel y sebesar 79,21% dan 20,79% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa Fhit= 37,61 > Ftab= 3,49, berarti terdapat hubungan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koordinasi mata tangan dan power otot lengan memiliki korelasi yang signifikan dengan Kemampuan Servis Forehand dalam Permainan Tenis Meja pada Mahasiswa Penjaskesrek FKIP Unsyiah Tahun Akademik 2012.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN SERVIS TENIS LAPANGAN MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (Misbahuddin, 2018)

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN KECEPATAN REAKSI TERHADAP KETERAMPILAN SERVIS FOREHAND TENIS MEJA PADA ATLET DISPORA ACEH SELATAN TAHUN 2017 (Rulza Mayandi, 2018)

HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN PUKULAN SERVIS TENIS LAPANGAN PADA MAHASISWA PRODI PENJASKESREK ANGKATAN 2015 (TEGUH WAN MURIB, 2018)

HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KETERAMPILAN FOREHAND TENIS MEJA PADA ATLET SMA NEGERI 1 WOYLA KABUPATEN RNACEH BARAT TAHUN AJARAN 2013/2014 (HUSAINI, 2015)

KONTRIBUSI KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN POWER OTOT LENGAN BAHU TERHADAP KEMAMPUAN CHEST PASS PERMAINAN BOLA BASKET PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012 (Khairul Rozi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy