//

HUBUNGAN ANTARA ATEROSKLEROSIS ARTERI SEREBRI MEDIA DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Maulinar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aterosklerosis merupakan penyebab utama stroke iskemik terutama pada arteri serebri media yang dapat menimbulkan penurunan fungsi kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aterosklerosis arteri serebri media dengan gangguan fungsi kognitif pada pasien stroke iskemik di RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional pada bulan Agustus hingga September 2013. Penelitian ini menggunakan instrumen Transcranial Doppler (TCD), Montreal Cognitive Assessment versi bahasa Indonesia (MoCA-Ina), dan rekam medis. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji analisis alternatif Chi Square yaitu uji Fisher yang menunjukkan terdapat hubungan antara aterosklerosis arteri serebri media dengan gangguan fungsi kognitif (p = 0,05) pada pasien stroke iskemik di RSUDZA Banda Aceh. Proporsi gangguan fungsi kognitif didapatkan sebesar 91,2% dan domain kognitif yang dominan terganggu adalah memori sebesar 70,6%. Pasien stroke iskemik yang paling banyak mengalami gangguan fungsi kognitif berada pada kelompok usia 55-65 tahun (95%), tamatan SMA (100%), dan memiliki lesi subkorteks (85,7%). Proporsi gambaran TCD arteri serebri media yang paling tinggi adalah aterosklerosis arteri serebri media kanan dan kiri yaitu sebesar 32,4%. Pasien stroke iskemik yang paling banyak memiliki gambaran TCD abnormal adalah pasien dengan lesi subkorteks (92,9%) dan lesi multipel (92,3%). Kata Kunci: Transcranial Doppler, Montreal Cognitive Assessment, aterosklerosis arteri serebri media, gangguan fungsi kognitif, stroke iskemik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA GAMBARAN TRANSCRANIAL DOPPLER PADA ARTERI SEREBRI MEDIA DENGAN GEJALA KLINIS STROKE PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Farhan Mari Isa, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Tiwi Qira Amalia, 2015)

HUBUNGAN HEMOGLOBIN A1C DAN LAMANYA DIABETES MELITUS DENGAN NILAI CAROTID INTIMA MEDIA THICKNESS PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DI RUANG RAWAT INAP SARAF RSUDZA BANDA ACEH (dr. Hidayaturrahmi, 2021)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI KOGNITIF PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI RSUDZA (FARAH KAMILA, 2020)

PERBEDAAN DERAJAT INSOMNIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN STATUS KOGNITIF PADA PASIEN STROKE ISKEMIK DAN STROKE HEMORAGIK (Ivana Maulidia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy