//

UPAYA DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA DALAM MENANGGULANGI PENGEMIS DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afzal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Upaya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam Menanggulangi Pengemis di Kota Banda Aceh”. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam menanggulangi pengemis di Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dalam menanggulangi pengemis di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah pegawai di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh yang beruhubungan dengan bidang penanggulangan pengemis. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara mendalam pada empat orang informan penelitian dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa munculnya pengemis itu dapat dilihat dari beberapa aspek antara lain aspek ekonomi seperti tidak tersedia pekerjaan pokok; aspek sosial seperti rendahnya tingkat pendidikan dan keterampilan; aspek budaya seperti tidak mau bekerja keras, tidak disiplin, tidak punya tanggung jawab, tidak punya percaya diri. Serta upaya yang dilakukan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh antara lain ialah penertiban, pemberian sosialisasi agar tidak memberikan uang kepada pengemis, pembinaan dan juga pemulangan ke tempat asalnya. Dalam melakukan penanggulangan pengemis Dinas Sosial juga mengalami beberapa hambatan antara lain belum adanya rumah singgah pengemis milik Kota Banda Aceh, serta banyaknya pengemis yang berasal dari luar Kota Banda Aceh dan juga para pengemis yang sudah mulai beralih cara dalam melakukan pengemisan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA DALAM MENANGGULANGI PENGEMIS DI KOTA BANDA ACEH (Afzal, 2016)

KEWENANGAN DINAS SOSIAL DALAM MENANGGULANGI GELANDANGAN DAN PENGEMIS (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (INDRI SURYANI, 2018)

PERAN DINAS SOSIAL DALAM PENANGANAN PENGEMIS DAN ANAK JALANAN DI KOTA KISARAN KABUPATEN ASAHAN (KARINA ADITYA PUTRI, 2020)

POLA PEMBINAAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS (GEPENG) OLEH DINAS SOSIAL KOTA BANDA ACEH (Fahdy Murtadha, 2016)

PELAKSANAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL BAGI PENGEMIS BERDASARKAN PERATURAN WALI KOTA BANDA ACEH NOMOR 7 TAHUN 2018 (FIFIT YUNAILISA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy