//

ANALISIS MODEL PEMILIHAN TRASE JALAN BERBASIS APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (STUDI KASUS RENCANA JALAN LINGKAR KOTA BANDA ACEH KORIDOR UTARA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang hasnaini - Personal Name
SubjectSCHOOL SUPERVISORS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Pemilihan lokasi jalan atau trase merupakan bagian terpenting dari perencanaan jalan baru. F aktor penentu dalam pemilihan trase jal an perlu diketahui untuk menghindari risiko kesalahan lokasi konstruksi jalan semaksimal mungkin sehingga perlu di lakukan Stud i Kelayakan ( Feasibility Study ). M odel dalam pemilihan lokasi trase jalan dilakukan dengan kajian spasial untuk koridor jalan menggunakan metode pengambilan keputusan banyak kriteria yaitu kriteria tutupan lahan, kriteria geologi teknik, kriteria slope dan kriteria jaringan sungai yang dibuat dalam operasi Sistem Informasi Geografis (SIG). Evaluasi pemilihan alternatif lokasi trase jalan yang optimum dilakukan dengan meng an alisis peta kelayakan biaya konstruksi jalan pada 3 (tiga) alternatif trase rencana. Penelitian ini bertujuan untuk membuat konsep model pemilihan lokasi trase jalan dengan cara pembobotan p ada kriteria dan selanjutnya melakukan evaluasi terhadap beberapa alternatif trase jalan rencana. Dalam mengevaluasi alternatif lokasi tr ase jalan terbaik, diberikan beberapa alternatif solusi, yaitu dilihat dari aspek panjang trase, biaya konstruksi serta dampak sosial, ekonomi dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif lokasi trase jalan 2 memiliki panjang 7.087 meter, yang terpendek dibanding dengan alternatif lokasi lain nya dengan biaya konstruksi jalan sebesar Rp. 550.729.800.000. A l ternatif lokasi trase jalan 3 memiliki panjang 7.384 meter dengan biaya konstruksi jalan sebesar Rp. 558.315.500.000 , sedangkan alternatif lokasi trase jalan 1 memiliki panjang 7.424 meter dan biaya konstruksi jalan sebesar Rp. 669.375.200.000 . Aspek dampak sosial ekonomi ditinjau dengan melihat segi kemanfaatan dari pembangunan rencana jalan , sedangkan a spek lingkungan yang berpengaruh besar dapat di kurangi dengan melihat besa rnya manfaat jalan bagi manusia . P eneliti an ini memberikan solusi bahwa al te rnatif terbaik dari lokasi trase jalan terpilih adalah alt ernatif 3, d engan pertimbangan bahwa alternatif ini mempunyai aspek kemanfaatan yang besar bagi kehidupan manusia. Walaupun pada alternatif ini diperlukan biaya konstruksi yang besar dan jarak yang panjang , tetapi dengan kemanfaatan yang tinggi akan memungkinkan kembalinya modal dari apa yang dihasilkan oleh jalan tersebut . Kata Kunci : Model Pemilihan Lokasi Trase Jalan , Kriteria , Sistem Informasi Geografis (SIG) , Pengambilan Keputusan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM INFORMASI PENILAIAN KONDISI JALAN BERBASIS APLIKASI WEB (Teuku Zakiul Hanif, 2015)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENDATAAN LOKASI TEMPAT WISATA KULINER DI KOTA BANDA ACEH (ICHWANUL HAKIM, 2018)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS MESIN (ATM) DI KOTA BANDA ACEH (Abdul Aziz, 2020)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (MUHAMMAD IRFANDI, 2018)

PENGARUH MEDIA REKLAME TERHADAP ESTETIKA VISUAL KOTA STUDI KASUS JALAN T. PANGLIMA POLEM PEUNAYONG, BANDA ACEH (Nurrahman Wiyanto, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy