//

MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 13 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SULAIMAN BAKRI - Personal Name
SubjectSCHOOL MANAGEMENT
SCHOOL AND SOCIETY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 13 BANDA ACEH Oleh : Sulaiman Bakri NIM : 1309200050045 Komisi Pembimbing : 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Manajemen kehumasan merupakan faktor penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Manajemen kehumasan untuk menjalin hubungan dengan masyarakat, guna mendapat dukungan dalam peningkatan mutu pendidikan, baik peningkatan kualitas proses pembelajaran, kualitas hasil belajar siswa, maupun kualitas masyarakat itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran dan mengetahui bagaimana program, pelaksanaan, dan hambatan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat dalam meningkatan mutu pendidikan pada SMP Negeri 13 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah bidang Humas, Komite sekolah, dan tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program hubungan sekolah dan masyarakat telah dirancang meliputi pergantian pengurus komite sekolah, rapat rutin sekolah tiap awal semester dengan melibatkan seluruh stakeholder sekolah, menumbuhkan transparansi pengelolaan sekolah; (2) Pelaksanaan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat (humas) meliputi kegiatan pemberdayaan komite sekolah, mewajibkan orang tua mengambil rapor anak sendiri, mengimformasikan kemajuan dan kemunduran siswa kepada orang tua dan komite sekolah, penyediaan informasi tentang keadaan sekolah kepada komite sekolah dan masyarakat serta memperingati hari-hari besar keagamaan; dan (3) Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen humas, masih ada sebahagian orang tua siswa belum memiliki kesadaran yang tinggi untuk ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dengan tidak mau hadir saat ada pemanggilan orang tua dan anggota komite, saat rapat sekolah serta kegiatan sekolah lainnya. Kata kunci : Manajemen, hubungan sekolah, dan masyarakat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MTSN RNKOTA LHOKSEUMAWE (Siti Aminah, 2014)

MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (SULAIMAN BAKRI, 2016)

A COMPARATIVE STUDY ON LISTENING ABILITY BETWEEN BOARDING AND NON-BOARDING SCHOOL STUDENT (A CASE STUDY AT SMA 1 PEUKAN BADA AND AL-MANAR ISLAMIC BOARDING SCHOOL) (Zulfahmi Rizki, 2018)

PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN KARAKTERISTIK PENGELOLA KEUANGAN SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BOS (Nelly Fitria Ningsih, 2019)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD GUGUS MANGGA KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (CASWO, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy