//

HUBUNGAN SOSIALISASI PROGRAM BPJS KESEHATAN DENGAN KEPUTUSAN MASYARAKAT MEMILIH MENJADI PESERTA BPJS KESEHATAN (STUDI PADA KECAMATAN MUARA SATU KOTA LHOKSEUMAWE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang DEDY ASWAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Hubungan Sosialisasi Program BPJS Kesehatan Dengan Keputusan Masyarakat Memilih Menjadi Peserta BPJS Kesehatan”. Pada tahun 2015 BPJS Kesehatan telah menjadi pemberitaan di berbagai media, salah satunya media online Serambi Aceh dalam artikelnya menuliskan beberapa tulisan mengenai BPJS Kesehatan yang membahas mengenai sosialisasi program peralihan PT ASKES yang kini telah menjadi BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sosialisasi BPJS Kesehatan (variabel X) dengan keputusan masyarakat untuk memilih menjadi peserta BPJS Kesehatan (variabel Y). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah 5.505 kepala keluarga di Kecamatan Muara Satu kota Lhokseumawe, dan setelah menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 0,9 dari jumlah populasi, maka jumlah besarnya sampel yang diambil adalah sebanyak 120 responden yang mendaftarkan BPJS Kesehatan serta penarikan sampel penelitian menggunakan teknik sampling kuota. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori difusi inovasi, yang menjelaskan bagaimana inovasi disebarluaskan dalam sistem sosial dari waktu ke waktu, memfokuskan diri pada pengetahuan, perubahan sikap dan proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi sosialisasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang skala pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara stastistik dengan program SPSS versi 20.0 yaitu uji validitas dan reabilitas, uji kolerasi, uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis serta menjelaskan kuesioner ekplanasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung 6,017 dan nilai ttabel pada α 0,05 pada uji 2 sisi adalah 1,660. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu thitung lebih besar dari ttabel (6,024 > 1,660), maka Ha diterima, artinya variabel sosialisasi program BPJS Kesehatan memiliki hubungan yang positif dan signifikan (berarti) dengan tingkat keputusan masyarakat. Kata Kunci : Sosialisasi, Program BPJS Kesehatan, Keputusan Masyarakat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR LAYANAN BAGI PESERTA BPJS PADARNBPJS KESEHATAN BANDA ACEH (DEFRIZAL WAHYUDI SOFYAN, 2015)

STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KETENAGAKERJAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA JASA PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN DI KOTA BANDA ACEH (NOF MIRANDA WAHYUDI, 2018)

HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (NURUL HADI, 2015)

MEKANISME PELAYANAN DAN PENERTIBAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Nasruddin, 2018)

ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP CUSTOMER VALUE DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN MENJADI PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN CABANG LHOKSEUMAWE (Arief Fadly, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy