//

HUBUNGAN MEROKOK DENGAN KATARAK DI POLI KLINIK MATA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulia Dwiana Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Katarak merupakan suatau penyebab kebutaan yang paling sering didunia. Banyak faktor resiko yang dapat menyebabkan katarak dan salah satunya adalah merokok. Di indonesia didapatkan prevalensi katarak sekitar 4,99%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan desain cross sectional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan merokok dengan katarak di poliklinik mata RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2013. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling sebanyak 135 responden. Data dianaliss menggunakan metode bivariat yaitu uji chi square dengan confidence interval 95% dan α 0,05. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji bivariat didapatkan nilai p = 0,00. Apabila dibandingkan dengan tidak merokok maka perokok berat 3,3 kali lebih tinggi menderita katarak daripada responden yang tidak merokok, pada perokok sedang 2,99 kali lebih tinggi menderita katarak daripada yang tidak merokok, dan perokok ringan 1,30 kali lebih tinggi menderita katarak daripada responden yang tidak merokok Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara merokok dengan katarak di Poliklinik Mata RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Makin berat derajat merokok maka semakin tinggi terjadinya katarak. Kata kunci: Katarak, Merokok, Indeks Brinkman

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MEROKOK DENGAN KATARAK DI POLIKLINIK MATA RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (yulia dwiana putri, 2014)

HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN, OLAHRAGA DAN MEROKOK DENGAN TERJADINYA STROKE HEMORAGIK DAN ISKEMIK DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Hikmat Satria, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN KAPASITOR BANK TERHADAP FAKTOR DAYA PADA SISTEM KELISTRIKAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN THE EFFECT OF USE CAPASITOR BANK TO THE POWER FACTOR IN THE ELECTRICAL SYSTEM AT RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Surya Rahmad, 2019)

KARAKTERISTIK KELAINAN REFRAKSI ANAK USIA SEKOLAH DI POLI MATA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizki wahyuni, 2014)

TAJAM PENGLIHATAN PENDERITA KATARAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JANUARI SAMPAI DESEMBER 2010 (Erni Fitria, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy