//

HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAHARATUL NURDIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Seorang mahasiswa harus mampu meregulasi emosinya untuk dapat menyelesaikan tugas-tugasnya karena dalam kegiatannya, mahasiswa tidak akan terlepas dari tekanan ataupun stres. Regulasi emosi merupakan cara individu untuk mengatur emosi yang individu rasakan, kapan perlu merasakan emosi tersebut, dan bagaimana individu mengalami dan mengekspresikan emosi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan stres pada mahasiswa tingkat akhir pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik observatif dengan pendekatan desain cross sectional. Pengambilan data dari tanggal 27 Januari hingga 3 Februari 2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan responden berjumlah 71 mahasiswa angkatan 2012, terdiri dari 30 laki-laki dan 41 perempuan. Regulasi emosi diukur menggunakan kuesioner ERQ yang disusun oleh Gross dan John yang sudah diterjemahkan, stres diukur dengan menggunakan kuesioner DASS42 yang disusun oleh Lovibond S.H dan Lovibond P.F yang sudah diterjemahkan, kemudian dianalisis dengan uji statistik Chi-Square. Hasil analisa data diperoleh nilai signifikasi p=0,022 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP EMOSI NEGATIF PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER FAKLUTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2014 (ERY SURYA SEVRIANA, 2018)

PERBANDINGAN TINGKAT STRES ANTARA MAHASISWA SEMESTER III ANGKATAN 2017 DAN SEMESTER VII ANGKATAN 2015 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAUDHATUL JANNAH, 2019)

HUBUNGAN STRES DENGAN PERUBAHAN NAFSU MAKAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (wirdah, 2014)

HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN STRES PADA MAHASISWA YANG BERSTATUS MENIKAH DIRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dessy Agustia, 2014)

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy