//

PERANAN LEMBAGA MUKIM DALAM PEMBANGUNAN DI KECAMATAN WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faisal Helmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Peranan, Lembaga Mukim, Pembangunan Penelitian ini membahas tentang: Peranan Lembaga Mukim Dalam Pembangunan di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah peranan lembaga mukim dalam pelakasanaan pembangunan di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh sesuai dengan Qanun Nomor 3 Tahun 2010 tentang lembaga mukim di Aceh Barat, (2) Kendala apa saja yang dihadapi lembaga mukim dalam pelaksanaan pembangunan di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah peranan lembaga mukim dalam pelaksanaan pembangunan di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh sesuai Qanun Nomor 3 Tahun 2010 tentang lembaga mukim di Aceh Barat, (2) Mendeskripsikan kendala apa saja yang dihadapi lembaga mukim dalam pelaksanaan pembagunan di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat Povinsi Aceh. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi, subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang imuem mukim serta 3 orang sekretaris mukim di tiga kemukiman dalam Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) lembaga mukim dalam melaksanakan pembangunan di Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh Sesuai dengan Qanun Nomor 3 Tahun 2010 tentang mukim di Aceh Barat, (2) dalam pelaksanaan pembangunan lembaga mukim tidak mengalami kendala dan hambatan yang mengakibatkan pelaksanaan pembangunan terhenti. Dalam upaya mengatasi kendala dalam pembangunan lembaga mukim melakukan koordinasi atau musyawarah dengan semua pihak. Kesimpulan (1) lembaga mukim melaksanakan pembangunan sesuai dengan Qanun Nomor 3 Tahun 2010 tentang mukim di Aceh Barat,(2) Dalam pelaksanaan pembangunan lembaga mukim tidak mengalami kendala yang menyulitkan karena semua pihak turut berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan dalam pembangunan, dalam upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembangunan lembaga Mukim melakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak. Di sarankan kepada pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Kemukiman dan Desa/Gampong agar terus meningkatkan pembangunan agar kesejatraan masyarakat dapat terpenuhi. Di harap kan kepada pemerintah kabupaten Aceh Barat untuk melengkapkan struktur Mukim sesuai Qanun nomor 3 tahun 2010 tentang mukim di Aceh Barat,agar lembaga Mukim bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan diharapkan kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam peningkatan pembangunan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOLAAN HUTAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN PENGEMBANGAN HUTAN DESA DI MUKIM LUTUENG KECAMATAN MANE, KABUPATEN PIDIE, PROVINSI ACEH (Ainul Mardhiah, 2016)

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK FISIK, KIMIA DAN JARAK TEMPAT PERINDUKAN VEKTOR (TPV) DENGAN KEJADIAN MALARIA DI KECAMATAN WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT (Muhammad Husin, 2018)

ANALISIS PRODUKSI PETANI KARET DI KECAMATAN WOYLA BARAT KABUPATEN ACEH BARAT (Muhamad fajerin, 2014)

KAJIAN TINGKAT KERAWANAN BANJIR DI DAERAH ALIRAN SUNGAI WOYLA PROVINSI ACEH (RIFA ALAYANI, 2021)

ANALISIS FINANSIAL INDUSTRI PENGOLAHAN JERNANG (STUDI KASUS PADA CV. USAHA DARAH NAGA) DI DESA KUALA BHEE KECAMATAN WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT (RIDA VIRONITA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy