//

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PERBANDINGAN OKSIGEN-BAHAN BAKAR TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN BERBAHAN BAKAR LPG (LIQUIFIED PETROLEUM GAS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAIMUN - Personal Name

Abstrak/Catatan

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PERBANDINGAN OKSIGEN–BAHAN BAKAR TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN BERBAHAN BAKAR LPG (Liquified Petroleum Gas) MAIMUN 1004102020003 Jurusan Teknik Mesin, Universitas Syiah Kuala Jl. Tgk. Syeh Abdurrauf No. 7 Darussalam – Banda Aceh 23111, Indonesia Abstrak Bahan bakar gas (BBG) merupakan bahan bakar yang sangat penting yang tidak dapat dipisahkan dari dunia industri pembakaran. Bahan bakar gas LPG digunakan terutama sebagai bahan bakar untuk memasak, mulai dari rumah tangga, kalangan komersial (restoran, hotel) hingga industri. Dengan adanya pemanfaatan bahan bakar gas diharapkan masalah kebutuhan energi dan pencemaran lingkungan dapat teratasi. Adapun Tujuan dari penelitian ini akan dikaji pengaruh perbandingan campuran oksigen–bahan bakar terhadap temperatur nyala api, panjang nyala api, profil nyala api, dan kecepatan nyala api laminar. Proses Pembakaran dalam penelitian ini dilakukan dengan menetapkan 3 variasi perbandingan oksigen–bahan bakar, dimana pada variasi pertama dengan perbandingan 0.80%, variasi kedua 0.90%, dan pada variasi ketiga 1.00%, dengan menentukan estimasi waktu 10 detik dijaga konstan. untuk mengukur temperatur nyala api dilakukan pada tiga titik daerah nyala api, dimana pada titik pangkal, tengah dan ujung nyala api. Pada penelitian ini hasil dari pengukuran temperatur nyala api yang paling tinggi dihasilkan pada perbandingan variasi ketiga yaitu 1.00% menghasilkan temperatur 1292 oC pada titik pangkal dan cenderung menurun pada titik berikutnya, dan menghasilkan kecepatan api laminar 0.88 cm/s, dengan mencapai pembakaran sempurna dibandingkan pada perbandingan sebelumnya. Kata Kunci: Gas Lpg, Perbandingan Oksigen-Bahan Bakar, Temperatur Nyala Api, Kecepatan Api Laminar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PERBANDINGAN OKSIGEN-BAHAN BAKAR TERHADAP KARAKTERISTIK NYALA API PADA BAHAN BAKAR GAS ASITELIN (Habibullah, 2016)

IDENTIFIKASI UNSUR DALAM IKAN BAKAR MENGGUNAKAN SCANNING ELECTRON MICROSCOPY-ENERGY DISPERSIVE X-RAY SPECTROSCOPY (Nurmilawati, 2019)

KAJI EFISIENSI PEMANFAATAN ENERGI BAHAN BAKAR UNTUK KASUS PEREBUSAN AIR (Andi Subhan Syah Putra, 2015)

KAJI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA MESIN DIESEL MEMANFAATKAN CAMPURAN BIODIESEL DARI BIJI BUTA-BUTA (HURA CREPITANS LINN) (NANDA SAPTIA, 2018)

ANALISIS BAHAN BAKAR PADA BOILER PT. EAS ( PLTU NAGAN RAYA) (Ikram, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy