//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Aisyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Persamaan Garis Lurus. Persamaan garis lurus merupakan salah satu materi yang dipelajari pada tingkat sekolah menengah. Materi ini sering dianggap sulit oleh peserta didik karena kurangnya pemahaman konsep, sehingga menyebabkan ketidaktuntasan terhadap hasil belajar. Mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata sehari-hari yang dijumpai oleh peserta didik merupakan salah suatu solusi untuk menanamkan konsep pembelajaran bagi peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini mampu mengajak peserta didik untuk dapat berpikir secara kritis dalam menyelesaikan masalah yang ada di sekitar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti penerapan model PBL pada materi persamaan garis lurus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 17 Banda Aceh setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), aktifitas peserta didik selama pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 244 peserta didik dan sampel dari penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas VIII-3. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif disertai kualitatif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Pre Experimental Design dengan jenis pendekatan One Shot Case Study. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket. Teknik pengolahan data tes dan angket dari penelitian ini adalah uji-t dan analisis deskriptif dari persentase untuk data observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah peserta didik mencapai ketuntasan hasil belajar, aktivitas peserta didik aktif dan respon peserta didik positif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ELLA SEPTIANA, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (FITRIA IKLIMA, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADRNPADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP RNPOS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Said Suhardinsyah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Asra Wastawa Asha, 2016)

PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH. (Lissa Tiffadhiah H, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy