//

STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH PADA UNIT PELAKSANA TUGAS DINAS (UPTD)–II PENDIDIKAN DI KECAMATAN SIMEULUE BARAT–ALAFAN KABUPATEN SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RONA SAMDONI - Personal Name

Abstrak/Catatan

STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH PADA UNIT PELAKSANA TUGAS DINAS (UPTD)-II PENDIDIKAN DI KECAMATAN SIMEULUE BARAT–ALAFAN KABUPATEN SIMEULUE Oleh: Rona Samdoni NIM: 1309200050051 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Kunci keberhasilan suatu sekolah sangat dipengaruhi oleh kualitas supervisi pendidikan. Kompetensi pengawas merupakan salah satu faktor peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini mendeskripsikan Strategi Peningkatan Kompetensi Pengawas Sekolah pada Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD)-II Pendidikan di Kecamatan Simeulue Barat-Alafan Kabupaten Simeulue. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala UPTD, Koordinator Pengawas Sekolah, dan Kabid. Bina Program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program peningkatan kompetensi pengawas sekolah disusun oleh Kabid. Bina Program yang dilaksanakan sebelum ajaran baru bulan Juni sampai dengan bulan Juli dengan kegiatan program diantaranya: penentuan materi, metode, instrumen, dan tahapan untuk rencana kegiatan rekruitmen pengawas sekolah, memberikan pemahaman kepada pengawas mengenai tatacara pelaksanaan supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial, mengikutsertakan pengawas untuk mengikuti pelatihan/penataran, pendidikan lanjut, lomba pengawas sekolah berprestasi. (2) Implementasi peningkatan kompetensi pengawas sekolah yang telah dilakukan antara lain melakukan pembinaan langsung bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan KORWASDA, melakukan seleksi calon pengawas sekolah sesuai dengan peraturan yang berlaku, mengikutsertakan pengawas dalam berbagai kegiatan pelatihan/penataran dan workshop. (3) Evaluasi keberhasilan peningkatan kompetensi pengawas sekolah belum memiliki instrumen keberhasilan yang valid. Penilaian keberhasilan program hanya dilaksanakan berdasarkan perkiraan dan penilaian yang belum memenuhi standar peraturan. (4) Kendala yang dialami dalam upaya peningkatan kompetensi pengawas sekolah antara lain keterbatasan biaya, terbatasnya sumber daya manusia pelatih/instruktur, serta terbatasnya peluang pelatihan/penataran. Kata Kunci: Strategi, Kompetensi dan Pengawas Sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I ALAFAN KABUPATEN SIMEULUE TAHUN AJARAN 2011-2012 (ABD. HAMID, 2021)

STUDI EKOLOGI HABITAT SIPUT MATA BULAN (TURBO CHRYSOSTOMUS) DI PERAIRAN PANTAI GELOK DESA DEKHA KECAMATAN ALAFAN KABUPATEN SIMEULUE (Inti Ramadani, 2018)

MANAJEMEN PENGAWAS PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SIMEULUE (Sudirman, 2016)

TINGKAT PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN FISIKA PADA UJIANNASIONAL (UN) TAHUN 2009/2010 SISWA SMA NEGERI 1 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (Rosmi Melati, 2016)

INVENTARISASI JENIS KUPU-KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA: RHOPALOCERA) DI BAGIAN BARAT PULAU SIMEULUE, PROVINSI ACEH (ZAHRATUL JANNAH, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy