//

Analisis Dampak Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Terhadap Pembangunan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang Kabupaten Nagan Raya.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YULI RISTI HAJAR - Personal Name
SubjectECONOMIC DEVELOPMENT
ENERGY RESOURCES-ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Yuli Risti Hajar NIM : 0901101010090 Fakultas/Jurusan : Ekonomi / Ekonomi pembangunan Judul : Analisis Dampak Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Terhadap Pembangunan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang Kabupaten Nagan Raya. Konsentrasi : Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Pembimbing : DR. Aliasuddin, S.E, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Terhadap Pembangunan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang Kabupaten Nagan Raya dan Kelayakan PLTMH secara ekonomi. Selanjutnya 44 responden dipilih sebagai penerima manfaat PLTMH, sedangkan untuk PLTMH, dipilih satu unit PLTMH sebagai sampel. Penelitian ini diakukan pada dua desa di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang. Selanjutnya kelayakan PLTMH dilihat dari sisi manfaat untuk masyarakat yaitu listrik PLTMH dimanfaatkan untuk penerangan, memasak, belajar, dan produksi rumah tangga. Dari hasil penelitian yang telah analisis dengan menggunakan Net Present Value (NPV) maka hasil yang diperoleh adalah positif, sehingga dapat disimpulkan PLTMH layak dikembangkan di wilayah-wilayah terpencil yang belum terjangkau listrik PLN. Selanjutnya dianalisis juga dengan menggunakan Net Benefit Cost Ratio (NBCR), sehingga dapat diketahui Net Benefit Cost Ratio (NBCR) adalah besar 9.594731. Net Benefit Cost Ratio (NBCR) lebih besar dari satu, maka PLTMH dinyatakan layak dikembangkan. PLTMH ini dapat dikembangkan di daerah terpencil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Proviinsi Aceh. Kata kunci : Dampak, Mikrohidro, Pembangunan Ekonomi Masyarakat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTMH) TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI KECAMATAN LHOONG ACEH BESAR (Rahmad Deddy Setiadi, 2016)

GERAKAN SOSIAL WALHI-ACEH TERHADAP AKTIFITAS TAMBANG PT. EMAS MINERAL MURNI (MUHAMMAD DODI, 2020)

“TEKNIK OPRASIONAL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINI HIDRO DESA PERLAK KECAMATAN TRIPE JAYA KABUPATEN GAYO LUES” (SUFENDI, 2020)

HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN DAN PEMENUHAN ASUPAN GIZI PROTEIN HEWANI DENGAN DERAJAT KESEHATAN IBU HAMIL DI DUA LAYANAN KESEHATAN KABUPATEN NAGAN RAYA (Yuliani Safmila, 2016)

PROFIL PENAMBANG EMAS DI KECAMATAN BEUTONG KABUPATEN NAGAN RAYA (FITRA RAMADI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy