//

PERKEMBANGAN THARIQAT SYATTARIYAH DI DESA PEULEKUNG KECAMATAN SENAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA, 1972-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hasan Basri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sesuai dengan judul yang di angkat yaitu ''perkembangan thariqat syattariyah di Desa Peulekung kabupaten Nagan Raya, 1972-2014'' maka tujuan penelitian ini adalah (1) 1. Ingin mendeskripsikan ruang lingkup waktu perkembangan Thariqat Syattariyah di Desa Peulekung Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya, 1972-2014, dan (2) 2. Ingin menjelaskan ajaran-ajaran Thariqat Syattariyah yang berkembang di Desa Peulekung Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya, 1972-2014. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang dipakai metode sejarah kristis yamg terdiri dari beberapa langkah, yaitu, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Untuk mendapatkan data di lapangan digunakan teknik wawancara, dukumentasi, observasi dan studi pustaka. Berdasrakan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa: (1) Thriqat syattariyah yang terdapat di desa peulekung kecamtan seunagan timur ini di bawa oleh seorang tokoh yang bernama Abu Habib Muda seunagan. Setelah Abu Habib Muda seunagan meninggal, maka dipercayakan kepada anak kandungnya yang tertua yaitu Habib Quraisy di Desa lhok Mesjid, kemudiandigantikan Oleh Habib Qudrat yang merupakan anak bungsu dari Abu Habib Muda seunagan. Hingga sampai sekarang menurut jumlah pengikut thariqar syattariyah mencapai 50.000 orang dan (2) Ajaran-ajaran Thariqat syattariyah yang berkembang di Desa Peulekung Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya, diantaranya: Talqin, Baiat yang dipakai dalam thriqat syattariyah adalah barokah. Selain itu Habib Muda seunagan juga mengadakan Zikrullah dalam Thariqat Syattariyah. Ajaran yang ikut berkembang ialah Insan Kamil yang lebih mengacu kepada hakikat manusia dan hubungan dengan penciptanya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERAGAMAN REPRODUKSI KERBAU LOKAL BETINA PADA KONDISI PETERNAKAN RAKYAT DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (MUTAWALLI, 2019)

PERKEMBANGAN MUSIK TERBANGAN DI DESA SERBAJADI KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (FEBI MAHQVIRA, 2020)

PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES RNDI SMP NEGERI 2 SEUNAGAN KABUPATEN RNNAGAN RAYA TAHUN 2012 (jamaluddin, 2014)

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP HUKUM WARIS DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Rahmat Puanda Putra, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy