//

MORFOLOGI DAN MORFOMETRI SPERMATOZOA SERTA KONSENTRASI HORMON TESTOSTERON DARI EPIDIDIMIS SAPI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Maulana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui morfologi dan morfometri spermatozoa, konsentrasi hormon testosteron, serta korelasi antara morfometri spermatozoa dengan konsentrasi hormon testosteron pada kaput, korpus, dan kauda epididimis sapi aceh. Preparat ulas spermatozoa diwarnai dengan pewarnaan William’s dan pewarnaan eosin 2% untuk pengamatan morfologi dan pengukuran morfometri spermatozoa, sedangkan teknik enzyme-linked immunosorbant assay (ELISA) digunakan untuk mengukur konsentrasi hormon testosteron dari ekstrak jaringan kaput, korpus, dan kauda epididimis. Data morfologi spermatozoa disajikan secara deskriptif, sedangkan data morfometri dan konsentrasi hormon testosteron dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (one way ANOVA). Uji korelasi (pearson correlation) dilakukan untuk mengetahui korelasi antara morfometri panjang total spermatozoa (PTS) dan konsentrasi hormon testosteron dari ketiga bagian epididimis. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan morfologi spermatozoa sapi aceh pada kaput, korpus, dan kauda epididimis. Rataan PTS pada bagian kaput, korpus, dan kauda berturut-turut adalah 69,70±0,8 µm, 70,90±0,39 µm, dan 72,98±0,74 µm dimana ukuran PTS tersebut berbeda nyata (p0,05). Hasil korelasi positif dan tidak berbeda nyata (r= 0,413, p= 0,416) ditemukan antara morfometri PTS dengan konsentrasi testosteron pada kaput epididimis, namun korelasi negatif dan tidak berbeda nyata ditemukan pada korpus (r= -0,638, p= 0,172) dan kauda (r= -0,719, p= 0,108). Kesimpulan dari penelitian ini adalah morfometri spermatozoa (PTS) pada kaput, korpus, dan kauda epididimis menunjukkan adanya perbedaan ukuran dan hal tersebut berkorelasi dengan konsentrasi testosteron.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH FREEZE THAWING CYCLES SAMPEL SERUM SAPI BRAHMAN CROSS (BX) IMPOR ASAL AUSTRALIA TERHADAP STABILITAS KONSENTRASI HORMON TESTOSTERON (MARDIANA, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN PROSTAGLANDIN F2α 1 DAN 2 JAM SEBELUM KOLEKSI SEMEN TERHADAP KONSENTRASI SAPI ACEH (Dwi Atmaja Nischaya, 2020)

KONSENTRASI HORMON TESTOSTERON AYAM KAMPUNG, AYAM HUTAN,DAN AYAM BANGKOK (Fadila Hayati Abdillah Ginting, 2015)

MORFOLOGI DAN MORFOMETRI ORGAN REPRODUKSI BETINA SAPI ACEH YANG MENGALAMI REPEAT BREEDING (AQMARINA MAZAYA, 2018)

GAMBARAN HISTOLOGI DAN HISTOMORFOMETRI DUKTUS EPIDIDIMIS SAPI ACEH (FELINSIA MELVAN SEKARHAYU, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy