//

GAMBARAN PERTUMBUHAN EMBRIO DAN FETUS KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) MENGGUNAKAN ULTRASONOGRAFI (USG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAUZIAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

GAMBARAN PERTUMBUHAN EMBRIO DAN FETUS KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) MENGGUNAKAN ULTRASONOGRAFI (USG) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengestimasi usia kebuntingan kambing peranakan etawa (PE) berdasarkan gambaran pertumbuhan embrio dan fetus menggunakan ultrasonografi (USG) transkutaneus. Kambing PE betina induk (n=5) disinkronisasi berahi dengan injeksi ganda prostaglandin F2 alfa (PGF2α) dengan interval 10 hari dan dikawinkan secara alami. Kebuntingan dini di diagnosis pada hari ke-20 pasca perkawinan dengan tampilan isoechogenic dari embrio (2,65±0,75 mm) dan tampilan hypoechogenic dari gestational saccus. Trimester pertama hari ke-30 kebuntingan, embrio berukuran 8,31±0,42 mm. Ukuran embrio mencapai 10,44±0,51 mm pada hari ke-35. Trimester kedua hari ke-60 keberadaan fetus terlihat jelas, tampilan isoechogenic umbilical cord dan hyperechogenic os cranium (25,5±0,1 mm) dan panjang tubuh (51,83±1,59 mm). Hari ke-75 os cranium berdiameter 33,03±0,20 mm, panjang tubuh 110±1,73 mm dan struktur tulang dengan tampilan hyperechogenic dari os thoracalis dan os vertebrae. Hari ke-75 plansentom dengan tampilan isoechogenic berdiameter 23,3±0,2 mm. Hari ke-90 plasentom semakin mendominasi uterus (22,67±1,70 mm) dan hari ke-145 diameter plasentom mencapai maksimum (33,73±2,91 mm). Dapat disimpulkan bahwa estimasi usia kebuntingan kambing PE menggunakan USG transkutaneus dapat ditentukan dengan mengukur panjang embrio, panjang tubuh fetus, diameter os cranium dan plasentom, serta deteksi kebuntingan dini dapat dilakukan pada hari ke-20 pasca perkawinan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KADAR LEMAK SUSU SEGAR KAMBING PERANAKAN ETAWA HASIL PEMERAHAN PAGI DAN SORE DI PETERNAKAN LAMTEUMEN BANDA ACEH (TARI UMAIRA, 2020)

ANALISIS KADAR LEMAK SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA SEBELUM DAN SESUDAH DIPASTEURISASI DI PETERNAKAN LAMTEUMEN BANDA ACEH (M. HEIDY UTAMA PUTRA KUSMAWAN, 2020)

HUBUNGAN KONSENTRASI HORMON PROGESTERON DENGAN JUMLAH FETUS KAMBING PERANAKAN ETAWAH PADA PERIODE KEBUNTINGAN YANG BERBEDA (Khairul Rizal, 2016)

UJI KONTAMINASI DAN RESISTENSI BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS DARI SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA TERHADAP BEBERAPA ANTIBIOTIK (HILAL, 2020)

KARAKTERISTIK REPRODUKSI KAMBING PERANAKAN ETAWA DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (UMMI KALSUM, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy