//

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN PARE (MOMORDICA CHARANTIA)TERHADAP METHICILLIN RESISTENT STAPHYLOCOCCUS AUREUS ISOLAT PNEUMONIA PASIEN RSUDZA SECARA DILUSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Rizky Fachri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Staphylococcus aureus adalah salah satu bakteri Gram positif penyebab infeksi pneumonia nosokomial. Bakteri ini sudah mulai resisten terhadap antibiotik methicillin sehingga dikenal adanya Methicilllin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Alternatif pengobatan yang potensial ialah penggunaan senyawa antibakteri dari bahan alam salah satunya Momordica charantia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsentrasi Hambat Minimal (KHM) dan Konsentrasi Bunuh Minimal (KBM) ekstrak etanol Momordica charantia terhadap pertumbuhan MRSA isolat pneumonia nosokomial. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol Kelompok perlakuan terdiri dari ekstrak etanol Momordica charantia dengan konsentrasi 100, 200, 300, dan 400 mg/ml serta kelompok kontrol berupa suspensi MRSA dan akuades steril. Uji aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode dilusi melalui pengamatan selisih optical density (ΔOD) untuk menentukan KHM dan pengamatan ada atau tidaknya pertumbuhan koloni pada media untuk menentukan KBM. Hasil penelitian ini didapatkan KHM ekstrak etanol Momordica charantia terhadap MRSA adalah 200 mg/ml dan KBM adalah 300 mg/ml. Analisis statistik dengan ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Duncan untuk KHM dan uji Kruskal-Wallis untuk KBM (p < 0,05) menunjukkan bahwa ekstrak etanol Momordica charantia mampu menghambat dan membunuh MRSA isolat pneumonia nosokomial.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN PARE (MOMORDICA CHARANTIA)TERHADAP METHICILLIN RESISTENT STAPHYLOCOCCUS AUREUS ISOLAT PNEUMONIA PASIEN RSUDZA SECARA DILUSI (M. Rizky Fachri, 2016)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUAH PARE TERHADAP METHICILIN-RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Muhammad Patara Aulia Putera, 2014)

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN PEGAGAN (CENTELLA ASIATICA L.) TERHADAP PERTUMBUAHAN ISOLAT METHICILLIN-RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS DARI SPUTUMRNPENDERITA PNEUMONIA (Santri Sasmita Dewi, 2014)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK METANOL DAUN DAN BUAH PARE BELUT (TRICHOSANTHES CUCUMERINA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS DAN ESCHERICHIA COLI (Zelly Rezki Oktora, 2020)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK AIR DAUN KEMBANG BULAN (TITHONIA DIVERSIFOLIA HEMSL. A. GRAY ) TERHADAP PERTUMBUHAN METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (MRSA) (Zahratul Safarah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy