//

EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENGELOLAAN EMOSI MARAH PADA REMAJA (SUATU PENELITIAN DI SMAN 5 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSNI SUFRIDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Pengelolaan Emosi, Teknik self managemnet Penelitian ini berjudul “Efektivitas Teknik self managemnet Untuk Meningkatkan Pengelolaan Emosi marah pada remaja”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Pengelolaan Emosi marah remaja sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan Teknik self management dan untuk mengetahui keefektifan Teknik self managemnet dalam meningkatkan Pengelolaan Emosi marah remaja. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest yang menggunakan pendekatan mixed methods (kualitatif dan kuantitatif). Sampel dalam penelitian ini adalah 8 remaja yang diambil dari 118 Remaja dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen non tes berupa observasi, dan angket. Observasi dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan Teknik self management. Sedangkan angket Pengelolaan Emosi yang digunakan peneliti berupa angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah Sign Test untuk dua kelompok yang berkorelasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai probalitas yang diperoleh P= 0,5 untuk z > 8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan data atau perubahan yang signifikan Pengelolaan Emosi marah remaja dan sebelum perlakuan dengan sesudah perlakuan Teknik self management. Maka dalam penelitian ini hipotesis di terima. Artinya hasil penelitian sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa Teknik self managemnet efektif untuk meningkatkan Pengelolaan Emosi pada remaja. Sedangkan untuk hasil data observasi menunjukkan perbedaan perilaku remaja sebelum dan sesudah perlakuan Teknik self managemnet yang terlihat adalah remaja sudah mengarah pada perilaku Pengelolaan Emosi tinggi dengan kriteria mampu mengenali emosi diri, mengendalikan emosi, meredakan emosi serta adanya latihan asertif, perubahan perilaku remaja menunjukkan ke arah positif dengan memiliki motivasi belajar yang baik dan aktif dalam belajar setelah perlakuan Teknik self managemnet.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN EMOSI REMAJA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN PADA SISWA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH) (Mustabsyirah, 2015)

HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KESTABILAN EMOSI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMA NEGERI 6 BANDA ACEH) (Sas Idiarni, 2017)

PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN KARAKTERISTIK PENGELOLA KEUANGAN SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BOS (Nelly Fitria Ningsih, 2019)

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN ASET WAKAF DI KOTA BANDA ACEH (SRI AULIA PRATIWI, 2020)

HUBUNGAN LEVEL ALEXITHYMIA DENGAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL PADA REMAJA ( PENELITIAN PADA SISWA SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR ) (FARADINA MUHARDI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy