//

PENGARUH EKSTRAK RIMPANG TEMU KUNCI (BOESENBERGIA PANDURATA) TERHADAP PSEUDOMONAS AERUGINOSA SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Florentina Magdalena Girsang - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ekstrak rimpang temu kunci (Boesenbergia pandurata) terhadap pertumbuhan Pseudomonas aeruginosa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 7 perlakuan dengan 3 ulangan. Uji pengaruh ekstrak rimpang temu kunci terhadap bakteri Pseudomonas aeruginosa menggunakan metode Kirby Bauer, dengan jumlah bakteri yang digunakan disesuaikan dengan standar kekeruhan Mc Farland 1. Kertas cakram yang sudah direndam dalam ekstrak rimpang temu kunci pada konsentrasi 10, 20, 30, 40, dan 50%, dan kertas cakram yang mengandung antibiotik streptomisin sebagai kontrol positif serta akuades steril sebagai kontrol negatif diletakkan pada permukaan Mueller Hinton Agar lalu diinkubasikan selama 24 jam pada suhu 37°C. Diamater zona hambat yang terbentuk diukur dengan menggunakan jangka sorong (caliper). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Rata-rata diameter zona hambat ekstrak rimpang temu kunci dengan konsentrasi 10, 20, 30, 40, dan 50% masing-masing adalah 8,00; 12,30; 13,85; 19,16; dan 19,86 mm. Rata-rata diameter zona hambat yang terbentuk pada kontrol positif dan kontrol negatif masing-masing adalah 14,25 dan 0 mm. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak rimpang temu kunci dapat menghambat pertumbuhan bakteri Pseudomonas aeruginosa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN PUTRI MALU (MIMOSA PUDICA) TERHADAP BAKTERI PSEUDOMONAS AERUGINOSA (AULIA ANGGITA, 2018)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSC.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI PSEUDOMONAS AERUGINOSA SECARA IN VITRO (USWATUL KHAIRA, 2016)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BIJI KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP BAKTERI PSEUDOMONAS AERUGINOSA (Sinta Nova Sari, 2018)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAGING BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI PSEUDOMONAS ERUGINOSA SECARA IN VITRO (Dhonny Adrian, 2014)

UJI SENSITIVITAS DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) TERHADAP PSEUDOMONAS AERUGINOSA (TADWINI PUTRI AULIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy