//

EFEKTIVITAS EKSTRAK RIMPANG TEMU KUNCI (BOESENBERGIA PANDURATA) TERHADAP PERTUMBUHAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Silvia Puja Natasya Keliat - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan daya hambat yang dimiliki ekstrak temu kunci dan konsentrasi untuk menghambat bakteri Staphylococcus aureus secara in vitro. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif. Kontrol positif diberi ampisillin, kontrol negatif diberi akuades dan diberikan ekstrak temu kunci masing-masing dengan konsentrasi 5%, 15%, 25%, 35% dan 45%. Penelitian ini dilakukan tiga kali pengulangan. Parameter yang diamati adalah diameter daya hambat yang terbentuk dengan metode difusi. Diameter rata-rata pada ekstrak temu kunci (15% ±10,3 mm), (25%±13,6mm), (35%±18,7mm), (45%±21,1mm) dan pada konsentrasi 5% tidak terbentuk zona hambat. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ekstrak temu kunci dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak temu kunci yang diberikan maka semakin luas daya hambat yang terbentuk.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS EKSTRAK RIMPANG TEMU KUNCI (BOESENBERGIA PANDURATA) TERHADAP PERTUMBUHAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Silvia Puja Natasya Keliat, 2016)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK DAUN BETADINE (JATROPHA MULTIFIDA L.) TERHADAP BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Hayanidah Sari Harahap, 2019)

UJI SENSITIVITAS STAPHYLOCOCCUS AUREUS TERHADAP EKSTRAK ETANOL DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) (Wanti Shelvy Maulizar , 2015)

AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK BIJI MAHONI (SWIETENIA MAHOGANY JACQ) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Wahyunita, 2014)

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA (TEN.) STEENIS) TERHADAP BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS (MIZLA MAULIA N LUBIS, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy