//

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENAGA KESEHATAN TENTANG HIV/AIDS DENGAN TERJADINYA STIGMA DAN DISKRIMINASI TERHADAP ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Evy Nurjannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan retrovirus yang menyerang sel- sel sistem kekebalan tubuh manusia dan menimbulkan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). Salah satu kendala pengendalian penyakit HIV/AIDS adalah stigma dan diskriminasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tenaga kesehatan tentang HIV/AIDS dengan terjadinya stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di puskesmas wilayah kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitic observational dengan menggunakan desain cross sectional yang dilaksanakan dari bulan Agustus 2015 s/d Februari 2016. Data diperoleh dari Dinas Kesehatan Banda Aceh dan pemberian kuesioner. Analisis data dilakukan secara bertahap meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square. Selama penelitian berlangsung, didapatkan subjek penelitian sebanyak 67 orang, yang terdiri laki-laki sebanyak 8 orang dan perempuan sebanyak 59 orang. Berdasarkan hasil uji statistik dengan chi-square untuk variabel stigma dan diskriminasi menunjukkan nilai probabilitas p(0,000)< α(0,05). Hal ini menunjukkan bahwa distribusi pengetahuan tenaga kesehatan tentang HIV/AIDS, 40 orang baik dan 27 orang kurang. Distribusi stigma dan diskriminasi, ada stigma dan diskriminasi sebanyak 15 orang dan tidak ada stigma dan diskriminasi sebanyak 52 orang. Distribusi frekuensi stigma dan diskriminasi berdasarkan jenis kelamin 3 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Distribusi frekuensi stigma dan diskriminasi berdasarkan pendidikan D-I sebanyak 4 orang dan D-III sebanyak 11 orang. Distribusi frekuensi stigma dan diskriminasi berdasarkan profesi, 6 orang sebagai perawat dan 9 orang sebagai bidan. Di simpulkan bahwa tenaga kesehatan yang berpengatahuan kurang tentang HIV/AIDS cenderung melakukan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA sebanyak 11 orang. Kata kunci : HIV/AIDS,Stigma dan Diskriminasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN STIGMA DAN DISKRIMINASI TENTANG PENDERITA HIV/AIDS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DENGAN MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT ANGKATAN 2010 (Denny mukhtar, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG PENYAKIT HIV/AIDS PADA SISWA SMA LAB. SCHOOL UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siska Rahmi, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENYAKIT HIV/AIDS DI KOTA BANDA ACEH (Arfarina, 2020)

SPIRITUALITAS PADA ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI ACEH (Rena Irmayani, 2014)

PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU TENTANG HIV/AIDS PADA REMAJA SMA DI KOTA BANDA ACEH (RAIS IZZAN BASYARI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy