//

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU PADA MAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZA MAHARA - Personal Name
SubjectHEAD TEACHERS
LEADERSHIP-SCHOOLS
DISCIPLINE-EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU PADA MAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH Oleh: Riza Mahara Nim : 1309200050021 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu kedisiplinan guru. Kepala sekolah dituntut dapat memanfaatkan dan mengatasi bersama-sama semua persoalan yang terjadi di sekolah, dengan demikian kepemimpinan dapat mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru, dan (2) hambatan-hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MAN Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru MAN Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepala MAN Pegasing Kabupaten Aceh Tengah dalam meningkatkan kedisiplinan guru, adalah dengan gaya otoriter dan demokratis, (2) kepala MAN Pegasing Kabupaten Aceh Tengah memiliki hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan guru di sekolah. Hal ini bisa dilihat dari etos kerja guru yang masih lemah, guru berdomisili jauh dari sekolah, latar belakang pendidikan berbeda, sehingga kurang menguasai administrasi, baik administrasi guru maupun administrasi kelas. Diharapkan kepada kepala sekolah supaya dapat memberikan dorongan dan arahan dalam kinerjanya tentang disiplin guru, komitmen guru, kemampuan guru dan tanggung jawab guru secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kedisiplinan guru di sekolah. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan dan Kedisiplinan Guru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU PADA RNSD NEGERI LAMBARO ANGAN (SITI NURBAYA M. ALI, 2014)

GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU SDN 69 BANDA ACEH (ELIDAYATI, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 2 BANDA ACEH (Safrida, 2014)

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU (STUDI KASUS PADA SMPN 2 DARUL IMARAH) (Mariana Berutu, 2019)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN KERJA GURU DI SMP NEGERI 1 BAMBEL KUTACANE ACEH TENGGARA (MARDIANA MUNTHE, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy