//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL (CONCEPTUAL CHANGE) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DITINJAU DARI PENALARAN FORMAL SISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elva Wirda - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING-EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ELVA WIRDA. Penerapan Model Pembelajaran Perubahan Konseptual (Conceptual Change) Sekolah Menengah Pertama ditinjau dari Penalaran Formal Siswa. Kesalahpahaman konsep yang telah dimiliki siswa sebelumnya dengan konsep- konsep yang diajarkan oleh seorang guru dapat menimbulkan miskonsepsi. Salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan untuk mengatasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa adalah pembelajaran perubahan konseptual (Conceptual Change). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui penurunan miskonsepsi siswa setelah mengikuti pembelajaran perubahan konseptual (Conceptual Change). (2) Untuk mengetahui penurunan miskonsepsi siswa yang memiliki penalaran formal tinggi. (3) Untuk mengetahui penurunan miskonsepsi siswa yang memiliki penalaran formal rendah. (4) Untuk mengetahui hubungan penalaran formal dengan miskonsepsi siswa setelah penerapan pembelajaran perubahan konseptual(Conceptual Change). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh dan menjadi subjek penelitian terpilih VII2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes diagnostik matematis berbentuk soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat penurunan miskonsepsi siswa setelah mengikuti pembelajaran perubahan konseptual. (2) Terdapat penurunan miskonsepsi siswa yang memiliki penalaran formal tinggi. (3) Terdapat penurunan miskonsepsi siswa yang memiliki penalaran formal rendah. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara penalaran formal dengan miskonsepsi siswa setelah penerapan pembelajaran perubahan konseptual (Conceptual Change). . Kata Kunci: Model Pembelajaran Perubahan Konseptual, Miskonsepsi, dan Penalaran formal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (SAFRIDA, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Mirunnisa, 2016)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (LINDA ANDALIA, 2020)

PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMPN 19 BANDA ACEH (AINAL MARDIAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy