//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA TENTANG FAKTOR RISIKO YANG DAPAT DIKONTROL DENGAN PENCEGAHAN SERANGAN STROKE BERULANG DI RUANG RAWAT SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Syah - Personal Name
SubjectSTROKE (DISORDER) - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 3 Oktober 2013 xiii + VI bab + 67 halaman + 7 tabel + 1 skema + 18 lampiran MUHAMMAD SYAH 0907101020053 HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA TENTANG FAKTOR RISIKO YANG DAPAT DIKONTROL DENGAN PENCEGAHAN SERANGAN STROKE BERULANG DI RUANG RAWAT SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Stroke dapat terjadi secara tiba-tiba dan meninggalkan gejala sisa, cacat bahkan kematian. Pasien yang pernah mengalami stroke memiliki risiko tinggi untuk mengalami serangan ulang stroke, terutama dalam tahun pertama. Pengetahuan dan sikap yang positif sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien stroke. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap keluaga tentang faktor risiko yang dapat dikontrol dengan pencegahan serangan stroke berulang di Ruang Rawat Saraf Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif; deskriptif korelasional dengan desain cross sectional study. Tehnik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu berjumlah 60 responden. Analisa data menggunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian yaitu terdapat hubungan pengetahuan keluarga tentang faktor risiko yang dapat dikontrol dengan pencegahan serangan stroke berulang dengan p-value 0,001 < α 0,05. Ada hubungan sikap keluarga tentang faktor risiko yang dapat dikontrol dengan pencegahan serangan stroke berulang dengan p-value 0,003 < α 0,05. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap keluarga tentang faktor risiko yang dapat dikontrol dengan pencegahan serangan stroke berulang di Ruang Rawat Saraf Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2013. Rekomendasi kepada pengambil kebijakan di rumah sakit untuk dapat terus meningkatkan pengetahuan keluarga tentang pencegahan serangan ulang stroke melalui program edukasi berkelanjutan untuk mencegah dan menghindari stroke berulang, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Kata Kunci: pengetahuan, sikap, keluarga, pencegahan stroke berulang Daftar Bacaan: 27 buku, 8 skripsi, 5 artikel (1998-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEMAMPUAN RNMELAKUKAN ACTIVITY DAILY LIVING PADA PASIEN POST RNSTROKE DI POLIKLINIK SARAF BLUD RUMAH SAKIT RNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2013 (FERI FERDIAN KAMATARA, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN RESPON EMOSIONAL PASIEN PASCA STROKE DI RUANG RAWAT SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (NURLINAWATI, 2014)

STRES, KECEMASAN DAN DEPRESI PADA PASIEN STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NOFAN TRIANSYAH. NAZ, 2019)

TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA PASIEN STROKE AKUT TENTANG PENCEGAHAN SERANGAN ULANG STROKE DI RUANG RAWAT INAP SARAF RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN RNPADA TAHUN 2012 (Oki Harisandi, 2014)

FAKTOR-FAKTOR RISIKO PENYEBAB STROKE PADA PASIEN DI RUANG GEULIMA 1 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Lainatussifah Qamal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy