//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-9 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci :Model pembelajaran, Quantum Learning, berbasis lingkungan, hasil belajar, IPS Terpadu Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu pencermatan terhadap pembelajaran berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas. Model pembelajaran Quantum Learning merupakan kiat-kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses yang dapat menghematkan waktu, mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Pembelajaran berbasis lingkungan merupakan pembelajaran yang di lakukan diluar kelas tidak hanya di dalam kelas saja, dengan tujuan agar siswa lebih nyaman dan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-9 SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat pada siklus I terdapat 21 siswa yang tuntas, pada siklus II terdapat 26 tuntas, dan pada siklus III terdapat 28 siswa yang tuntas sedangkan persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 60% pada siklus I meningkat 80% pada siklus II menjadi 90% pada siklus III (2) Aktivitas guru dan siswa dari siklus I sampai siklus III telah mencerminkan penerapan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning berbasis lingkungan; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning berbasis lingkungan meningkat, hal ini terlihat pada siklus I diperoleh skor 2,72, pada siklus II diperoleh skor 3, dan pada siklus III diperoleh 3,26 dengan katagori baik; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran Quantum Learning berbasis lingkungan dapat dikatakan baik. 89,2 persen dari 28 siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui model pembelajaran Quantum Learning berbasis lingkungan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi Interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial dan budaya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNKELAS X-2 SMA NEGERI 1 SAMADUA RNKABUPATEN ACEH SELATAN (BUSTANIL KHAIR, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN PENAMPAKAN BUMI DAN LANGIT DI KELAS IV SD NEGERI 6 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA (Anjar Asmara, 2015)

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy