//

PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR PADA MATERI TERMOKIMIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HELVINA HARYANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: KPS, hasil belajar, aktivitas, termokimia Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar pada Materi Termokimia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa kelas XI MIA 1 terhadap penerapan pendekatan KPS pada materi termokimia. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 21 orang siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan penyebaran angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi (aktivitas, sikap, dan keterampilan), LKPP, LKPD, soal tes, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan KPS diperoleh persentase kompetensi sikap yaitu 80,26%, keterampilan 83,07% dan pengetahuan 82,00%. Aktivitas siswa melalui penerapan pendekatan KPS pada pertemuan I dan II yakni 77,88% dan pada pertemuan III dan IV yakni 91,83%. Tanggapan positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan KPS yaitu mendapat persentase sebesar 87,98%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan KPS pada materi termokimia dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Selain itu peserta didik memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan pendekatan KPS.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TW) PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Fanilawati, 2016)

PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X-6 SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Riska Epitasari, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI ASAM BASA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Yulia Rahma, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DENGAN MEDIA GAMBAR DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Nurul Intan, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (NOVITA SARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy