//

IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DALAM PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN PECAHAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazriatun Nisa - Personal Name
SubjectMULTIMEDIA SYSTEMS - COMPUTER SCIENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penerapan multimedia dalam bidang pendidikan pada dasarnya membantu cara belajar konvensional menjadi lebih efektif dengan kehadiran e-learning. Penambahan animasi pada e-learning menjadikan aplikasi ini menjadi lebih menarik. E-learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang menggunakan peralatan digital sebagai medianya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi pembelajaran pecahan berbasis multimedia untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Pembuatan media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu pemilihan materi, studi literatur, perancangan aplikasi, pembuatan antarmuka pengguna, pengeditan gambar menggunakan Adobe Photoshop CS4, pembuatan tree menu, pengisian materi menggunakan Adobe Flash CS4, penambahan tombol navigasi, perekaman audio, pengeditan audio, penambahan animasi, pengujian aplikasi dan penulisan laporan. Aplikasi media pembelajaran ini dibangun sebagai alat bantu ajar yang dapat digunakan untuk pembelajaran pecahan untuk siswa kelas IV sekolah dasar.Elemen multimedia yang diterapkan dalam media pembelajaran ini adalah teks, gambar, animasi dan audio. Gabungan beberapa elemen ini dapat menghasilkan aplikasi yang lebih baik dibandingkan yang hanya menggunakan dua media saja, misalnya teks dan gambar.Diharapkan dari penelitian ini kemampuan menghitung pecahan siswa kelas IV akan meningkat karena menggunakan metode pembelajaran berbasis multimedia, dibuat berdasarkan hal-hal yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dan penggunaan animasi sebagai pelengkap dalam memudahkan siswa dalam memahami pecahan, serta belajar lebih aktif. Kata kunci : multimedia, e-learning, animasi, flash, pecahan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN ANIMASI TATA CARA TAYAMUM MENGUNAKAN 3D MAX (Muhammad Iqbal, 2014)

ANIMASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI TENTANG BAGIAN DAN PROSES PENYERBUKAN PADA BUNGA ALAMANDA (ALLAMANDA CHATARTICA) (Ade Rina Alfithra H, 2013)

IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Syarifah Raisa, 2015)

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAKITAN KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PROFESSIONAL (Muhammad Furqan, 2016)

PEMBUATAN ANIMASI PEMBELAJARAN SISTEM RANTAI MAKANAN MENGGUNAKAN 3D-MAX (Muhammad Hidayat, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy