//

PENGARUH TEMPERATUR AIR TERHADAP SETTING TIME GIPSUM KEDOKTERAN GIGI TIPE III

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IKA NIRWANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Produk gipsum dalam kedokteran gigi digunakan untuk membuat model studi rongga mulut. Gipsum kedokteran gigi (dental gypsum) disebut juga dengan kalsium sulfat dehidrat (CasO4.2H2O). Gipsum dimanipulasi menggunakan air. Temperatur air yang biasa digunakan dalam memanipulasi gipsum pada praktek dokter gigi adalah sekitar 27oC - 28oC . Pada saat air bercampur dengan bubuk gipsum maka akan terjadinya reaksi dan adanya reaksi panas, selanjutnya reaksi tersebut akan menghasilkan suatu campuran gipsum yang mengeras dan padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh data mengenai pengaruh temperatur air 13oC, temperatur air 27oC dan temperatur air 65oC terhadap setting time gipsum kedokteran gigi tipe III. Pada penelitian ini spesimen berjumlah 30 spesimen yang dibagi kedalam 3 kelompok, masing–masing kelompok terdiri dari 10 spesimen yang menggunakan temperatur air 13oC, 27oC dan 65oC. Spesimen di uji menggunakan alat Vicat Penetrometer. Hasil uji menunjukan bahwa pada temperatur air 65oC proses setting time menjadi cepat, pada temperatur air 13oC proses setting time menjadi lambat dan pada temperatur air 27oC proses setting time tidak mengalami pemendekan maupun pemanjangan waktu yang sesuai dengan standar aturan pabrik bubuk gipsum kedokteran gigi tipe III.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PERBANDINGAN BERAT BUBUK SEMEN PORTLAND ACEH TIPE 1 SEBAGAI ALTERNATIF MINERAL TRIOXIDE AGGREGATE KEDOKTERAN GIGI (DITINJAU DARI SETTING TIME) (Nanda Aulia Rahmah, 2015)

PENGARUH VARIASI TEMPERATUR RESIN KOMPOSIT NANO PARTIKEL KEDOKTERAN GIGI TERHADAP DERAJAT KONVERSI (EVITA MUTIARA PERON, 2015)

UJI SETTING TIME PADA MODIFIKASI ALGINAT DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG JAGUNG (ZEA MAYS) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN CETAK (syarifah masyithah rizka, 2013)

PENGARUH PENAMBAHAN GIPSUM TERHADAP KARAKTERISTIK BATA RINGAN BERBAHAN DASAR TANAH DIATOMAE (PUTRI ADNIN, 2018)

GAMBARAN SKEMA OKLUSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH ANGKATAN 2007-2010 (SASKY MS RAHMAN, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy