//

HUBUNGAN AKTIVITAS PARAFUNGSI DENGAN BUNYI SENDI TEMPOROMANDIBULA PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2009-2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Husna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengaruh aktivitas parafungsi terhadap tanda dan gejala gangguan sendi temporomandibula masih belum jelas dan kontroversial. Gangguan sendi temporomandibula (TMD) merupakan kondisi yang paling sering mempengaruhi sendi temporomandibula dan struktur yang terlibat. Tanda klinis yang paling sering ditemukan adalah bunyi sendi temporomandibula. Penelitian sebelumnya menunjukkan aktivitas parafungsi dapat meningkatkan risiko bunyi sendi temporomandibula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara aktivitas parafungsi dengan bunyi sendi temporomandibula pada mahasiswa kedokteran gigi. Penelitian ini adalah analitik cross sectional yang dilakukan di Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala. Subjek penelitian ini sebanyak 25 orang dengan rentang usia 19-22 tahun. Teknik pengambilan subjek dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Peneliti membagikan kuesioner seleksi subjek dan kemudian melakukan pemeriksaan klinis. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji Fisher exact test. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa aktivitas parafungsi lebih dominan pada perempuan (76%) daripada laki-laki (24%). Bunyi sendi temporomandibula yang paling banyak adalah bunyi kliking yaitu sebanyak 72%, krepitasi 8% dan yang tidak mengalami bunyi sendi 20%. Berdasarkan hasil uji Fisher tidak terdapat hubungan antara aktivitas parafungsi dengan bunyi sendi temporomandibula (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN AKTIVITAS PARAFUNGSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Rizki Handayani, 2015)

PREVALENSI KLIKING PADA SISWA DAN SISWI MAN ULIM PIDIE JAYA YANG MEMILIKI AKTIVITAS PARAFUNGSI BRUXISM (Rizkina, 2015)

GAMBARAN JARAK PEMBUKAAN MULUT MAKSIMAL YANG MEMILIKI AKTIVITAS PARAFUNGSI BRUXISM (SURVEI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2012-2015) (Dewi Ismail, 2016)

GAMBARAN BUNYI SENDI TEMPOROMANDIBULA PADA INDIVIDU DENGAN MEDIOTRUSIVE INTERFERENCE (ANISA RAMADHANA, 2019)

HUBUNGAN KEBIASAAN MENGUNYAH SATU SISI TERHADAP BUNYI KLIKING PADA SENDI TEMPOROMANDIBULA (ANALISA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Muhammad Yusuf, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy