//

PENGARUH β-CHITOSAN GLADIUS CUMI-CUMI (LOLIGO.SP) TERHADAP JUMLAH FIBROBLAS GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN SECARA HISTOPATOLOGIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Hazizah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penyembuhan luka merupakan tahapan yang kompleks. Proses penyembuhan luka ini terdiri dari hemostasis, fase inflamasi, fase proliferasi dan fase remodeling. Fibroblas merupakan sel yang paling banyak ditemui pada jaringan ikat. Sel ini akan terlihat jelas aktivitasnya saat terjadi luka. Fibroblas memegang peranan penting karena sel ini berfungsi dalam menghasilkan serat kolagen yang dibutuhkan dalam mengembalikan integritas luka dalam proses penyembuhan luka. Chitosan merupakan biopolimer alam yang ditemukan memiliki kemampuan dalam mempercepat penyembuhan luka. Salah satu jenis chitosan yang terdapat dialam adalah β-chitosan. β-chitosan merupakan produk chitosan yang berasal dari gladius cumi-cumi (Loligo sp.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh β-chitosan terhadap jumlah fibroblas pada tikus Wistar jantan. Sebanyak 16 ekor tikus putih Wistar yang dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu 8 ekor pada kelompok kontrol tidak diberi perlakuan apapun setelah luka insisi dilakukan dan 8 ekor pada kelompok perlakuan yang diberi β-chitosan pada luka insisi bagian gingiva labial sebanyak 2x sehari selama 7 hari. Kemudian jaringan luka diamati secara histopatologi dengan pembesaran 400x dengan 5 lapangan pandang untuk menghitung jumlah fibroblas secara manual. Hasil pengamatan rerata jumlah fibroblas kelompok kontrol adalah 12±2,5 sedangkan kelompok perlakuan adalah 26±6,3. Hasil analisis uji t tidak berpasangan dengan nilai signifikansi p=0,000 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH β-CHITOSAN GLADIUS CUMI-CUMI (LOLIGO.SP) TERHADAP JUMLAH FIBROBLAS GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN SECARA HISTOPATOLOGIS (Nur Hazizah, 2016)

PENGARUH EKSTRAK DAUN ANDONG (CORDYLINE FRUTICOSA) TERHADAP JUMLAH FIBROBLAS GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN SECARA HISTOPATOLOGIS (PADA HARI KE-7) (Dwi Cahyani, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN ANDONG (CORDYLINE FRUTICOSA) TERHADAP JUMLAH FIBROBLAS GINGIVA TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN SECARA HISTOPATOLOGIS (PADA HARI KE-14) (Henny, 2014)

EFEKTIVITAS EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) DALAM MEREDUKSI FORMALIN PADA CUMI-CUMI (LOLIGO INDICA) ASIN (Irma Haryani , 2016)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA CUMI–CUMI (LOLIGO SPP.) PADA TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LAMPULO KOTA BANDA ACEH (RESTY FAUZANA RAHMAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy