//

PENGARUH APLIKASI EKSTRAK DAGING LIDAH BUAYA TERHADAP JUMLAH NEUTROFIL PADA GINGIVITIS.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Mayasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gingivitis merupakan suatu inflamasi yang terjadi pada gingiva akibat adanya respon imun tubuh dalam melawan penyebab terjadinya inflamasi tersebut. Pertahanan pertama dalam melawan infeksi adalah neutrofil yang merupakan sistem kekebalan tubuh non-spesifik. Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan pemberian zat-zat imunomodulator. Zat-zat tersebut dapat ditemukan di dalam tanaman herbal salah satunya lidah buaya (Aloe vera). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi ekstrak daging lidah buaya (Aloe vera) terhadap jumlah neutrofil pada gingivitis. Pada penelitian eksperimental laboratoris ini sampel yang digunakan antara lain ekstrak daging lidah buaya (Aloe vera) yang diperoleh dari proses maserasi dan tikus putih (Rattus novergicus) jantan yang berjumlah 10 ekor dengan berat 150±180 gram yang dibuat gingivitis menggunakan benang steril 4/0 pada submarginal gigi insisivus bawah kanan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) DALAM MEREDUKSI FORMALIN PADA CUMI-CUMI (LOLIGO INDICA) ASIN (Irma Haryani , 2016)

PENGARUH EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI (M NAUFAL ASYRAF, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN STRUKTUR MIKROSKOPIS SEL β PANKREAS TIKUS HIPERGLIKEMIK (Irdalisa, 2015)

PENGARUH EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS PADA BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK HEAT CURED (ZAZA YUNDA PUTRI, 2020)

UJI EFEKTIVITAS GEL EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA L.) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DERAJAT III YANG TERINFEKSI STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA TIKUS PUTIH JANTAN (RATTUS NORVEGICUS) GALUR WISTAR (AMIRUL HAIDI AL-SIDDIQ, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy