//

GAMBARAN INDEKS WAJAH SUKU ACEH DEUTRO MELAYU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2009-2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shyntia Dewi Aryani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat multietnis, dimana terdapat dua kelompok besar suku melayu di Indonesia terdiri dari Proto Melayu dan Deutro Melayu. Berdasarkan ciri fisik tersebut, suku Aceh termasuk kedalam Deutro Melayu. Perbedaan dari tiap individu berdasarkan ras dan etnisnya merupakan suatu ciri khas dari bentuk wajah dan estetika wajah. Bentuk wajah adalah bagian tubuh yang paling individual yang dapat menunjukkan identitas fisik dan penampilan seseorang. Antropometri wajah merupakan pengukuran terhadap setiap bagian dari wajah, meliputi nilai ukuran atau proporsi secara vertikal, horizontal dan sudut angulasi pada setiap bagian wajah salah satunya pengukuran indeks wajah. Menurut martin indeks wajah ada tiga yaitu Euryprosopic, Mesoprosopic dan Leptoprosopic.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran indeks wajah suku Aceh Deutro Melayu pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 81 orang terdiri dari 29 orang laki-laki dan 52 orang perempuan yang diambil secara proportional stratified random sampling. pengukuran indeks wajah dilakukan dengan menggunakan alat kaliper geser untuk pengukuran panjang wajah (n-gn) dan kaliper lengkung besar untuk pengukuran lebar wajah (zy-zy). Hasil penelitian menunjukkan bahwa panjang wajah 103,27±6,25 dan lebar wajah 122,64±4,72, sehingga didapatkan nilai indeks wajah 83,97±1,88. indeks wajah suku Aceh deutro melayu pada mahasiswa program studi kedokteran gigi universitas syiah kuala adalah Mesoprosopic. Kata Kunci : Antropometri, Indeks Wajah dan suku Aceh Deutro Melayu

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA PERBANDINGAN LEBAR DAN PANJANG LENGKUNG BASAL GIGI DENGAN LEBAR MESIODISTAL GIGI MENURUT METODE HOWES PADA SUKU ACEH DEUTRO-MELAYU (Nurul Sari, 2015)

HUBUNGAN LEBAR MESIODISTAL GIGI TERHADAP PROFIL JARINGAN LUNAK WAJAH SUKU ACEH (DEUTRO-MELAYU) (Dede Cep Habibillah, 2014)

GAMBARAN AKUMULASI PLAK MAHASISWI PRODI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG MEMAKAI RNPIRANTI ORTODONTI CEKAT RNANGKATAN 2007-2010 (Nurmasyitah Iskandar Putri, 2014)

HUBUNGAN LAJU ALIRAN SALIVA DENGAN INDEKS KARIES GIGI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2011-2013 (EKASUSANTI, 2014)

GAMBARAN TINGGI WAJAH ANTERIOR BAWAH PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA SUKU ACEH (STUDI PADA SEFALOMETRI LATERAL) (Lindawati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy