//

PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN 8 PEUSANGAN SELATAN KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mona Fitria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pengaruh, fasilitas, hasil belajar Penelitian ini berjudul “Pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa SDN 8 Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen”. Rumusan masalahnya adalah: adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 8 Peusangan Selatan sebanyak 136 siswa dengan sampel sebanyak 34 siswa yaitu mewakili setiap kelas. Terdiri dari 21 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki yang dipilih secara simple random sampling yang jika sebuah sampel yang besarnya n ditarik dari sebuah populasi finit yang besarnya n sedemikian rupa, sehingga setiap sampel mempunyai peluang yang sama untuk dipilih. Pengumpulan data dengan observasi langsung dan dokumentasi. Hasil belajar diambil dari nilai rata–rata rapor siswa kelas I sampai kelas VI semester ganjil tahun 2015/2016. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif, hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Pada taraf α = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n-1), dk = (34-1) = 33. Dari nilai tersebut diperoleh t = 0,95 (33) = 1,70 sehingga diperoleh t1- α = 3,12 karena 3,12 > 1,70 maka thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa SDN 8 Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen”, dapat diterima.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (INTAN ZAHARA, 2018)

PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN. (SRI NOVAYANTI, 2018)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI MAN KABUPATEN BIREUEN (KHAIRUNNISAK, 2018)

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG, KABUPATEN BIREUEN (Taufiq Akbar, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (KHAIRUN NISA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy