//

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMA NEGERI 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAMAYANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal pada Siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosi, gambaran keterampilan komunikasi interpersonal serta mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 430 orang. Adapun jumlah sampel sebanyak 207 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa gambaran kecerdasan emosi siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh cenderung memiliki tingkat yang tinggi dengan jumlah siswa sebanyak 168 orang (81%). Sedangkan gambaran keterampilan komunikasi interpersonal siswa juga cenderung berada dalam kategori tinggi dengan jumlah siswa sebanyak 170 orang (82%). Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan antara kecerdasan emosi dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa, diketahui bahwa nilai r tabel dengan df 206 pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh r hitung sebesar 0,868. Apabila dibandingkan dengan nilai r tabel (0,138) maka r hitung > r tabel atau 0,868 > 0,138. Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa, hipotesis Ha diterima kebenarannya. Sehingga dapat dinyatakan bahwa semakin baik atau tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki oleh siswa, maka semakin baik pula keterampilan komunikasi interpersonalnya. Oleh karena itu, diharapkan kepada pihak sekolah dan guru BK agar lebih meningkatkan pelayanan bimbingan konseling kepada siswa, terutama di bidang pribadi dan sosial agar dapat membantu siswa yang mengalami masalah dengan komunikasi interpersonalnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LEVEL ALEXITHYMIA DENGAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL PADA REMAJA ( PENELITIAN PADA SISWA SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR ) (FARADINA MUHARDI, 2019)

HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DENGAN PERILAKU VERBAL BULLYING DI SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Amalia Wahyuni, 2017)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL (Lukman, 2018)

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS DI TK IT AL-MADANI SIMEULUE (Vika Ayunita, 2016)

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA IBU DAN ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI 1 SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (Winda Sari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy