PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR


Pengarang

DESI ARI SANDI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103010004

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : Model reciprocal teaching, Penguasaan Konsep, Sistem Gerak

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Materi Sistem Gerak Manusia pada Siswa SMAN 1 Baitussalam” ini mengangkat masalah apakah penerapan model reciprocal teaching dapat meningkatkan penguasaan konsep materi sistem gerak manusia pada siswa SMAN 1 Baitussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model reciprocal teaching terhadap peningkatan penguasaan konsep materi sistem gerak pada siswa SMAN 1 Baitussalam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Baitussalam tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 340 siswa. Dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel adalah seluruh siswa kelas XI berjumlah 44 siswa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode quasy experiment. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes soal berbentuk pilihan ganda materi sistem gerak. Hasil analisis uji t satu pihak didapat thitung 25.46 dan ttabel 1.98, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata posttest kemampuan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA yang memperoleh pembelajaran dengan model reciprocal teaching lebih baik secara signifikan dengan rata-rata pretest kemampuan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK