//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN (PARTNER SWITCH) PADA MATERI HASIL KALI KELARUTAN (KSP) DI KELAS REGULER DAN KELAS PLUS SMA NEGERI 9 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Andriva Viraya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan (Partner Switch) pada Materi Hasil Kali Kelarutan (Ksp) di Kelas Reguler dan Kelas Plus SMA Negeri 9 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, perbedaan hasil belajar dan respon siswa kelas reguler dan plus terhadap penerapan model pembelajaran bertukar pasangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas plus yang berjumlah 28 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas reguler yang berjumlah 24 siswa. Data aktivitas, hasil belajar, dan respon siswa masing-masing diperoleh dari lembar observasi, post test, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa kelas reguler pada pertemuan pertama sampai ketiga berturut-turut 60,63; 76,25; 85,03 sedangkan kelas plus sebesar 36,88; 59,38; 68,75. Hasil uji t diperoleh to ˃ tt atau 4,48 ˃ 2,01 dengan persentase ketuntasan kelas reguler sebesar 79,17 dan kelas plus sebesar 46,43 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas reguler dengan kelas plus. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas reguler tuntas secara klasikal, sedangkan hasil belajar kelas plus tidak tuntas secara klasikal. Aktivitas kelas reguler dan plus mengalamai peningkatan dari pertemuan pertama sampai ketiga, akan tetapi aktivitas kelas reguler lebih baik daripada kelas plus melalui penerapan model pembelajaran bertukar pasangan. Siswa kelas reguler dan plus memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran bertukar pasangan pada materi Ksp. Persentase siswa kelas reguler yang memberi respon positif terhadap penerapan model bertukar pasangan sebesar 85,27 dan kelas plus sebesar 62,50.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN (PARTNER SWITCH) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMPN 3 BANDA ACEH (Agus Mulida, 2014)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA NEGERI 2 BANDA ACEH (Resa Damayanti, 2016)

PENERAPAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Meutia Syahana, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH ACEH BESAR (Fitriani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy