//

MEMBANDINGKAN METODE KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (KNN) DALAM MEMBANGUN REPOSITORI AKRONIM-EKSPANSI DARI HALAMAN WEB SECARA OTOMATIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amir Mahazir - Personal Name
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

Penyebaran dokumen web yang terus meningkat mengakibatkan kajian tentang ekstraksi informasi menjadi penting. Ekstraksi akronim secara otomatis merupakan salah satu kajian menantang dalam penambangan teks. Artikel ini membahas tentang ekstraksi akronim beserta ekspansinya dari dokumen web secara otomatis dan kemudian dimanfaatkan untuk membuat sebuah repositori. Istilah akronim mewakili seluruh bentuk penyingkatan kata baik yang dibaca berdasarkan huruf maupun suku kata. Untuk mendapatkan pasangan akronim dan ekspansi dari halaman web, mula-mula konten diekstraksi dari dokumen html, kemudian kandidat akronim dan ekspansi dibangun. Seluruh kandidat kemudian diklasifikasikan, pasangan akronim dan ekspansi yang benar disimpan ke dalam database. Metode klasifikasi Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighbor (KNN) dibandingkan untuk mendapatkan metode yang paling ampuh. Percobaan dilakukan dengan dokumen yang diperoleh dari enam situs web berbahasa Indonesia. Algoritma yang dikembangkan berhasil bekerja dengan baik dengan nilai akurasi F-measure mencapai 99,51% yang diperoleh dengan metode klasifikasi SVM dengan kernel polynomial.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUJIAN DAN PEMBAHARUAN ALGORITMA INDOACRO UNTUK PENENTUAN PASANGAN AKRONIM DAN KEPANJANGANNYA DARI DATA TEKS DALAM BAHASA INGGRIS (ARIQ NAUFAL KAMIL, 2020)

IMPLEMENTASI DAN ANALISA ALGORITMA PEMBARUAN BERKALA DATA PASANGAN AKRONIM DAN KEPANJANGANNYA DALAM BAHASA INDONESIA (Muhammad Faris Aufar, 2020)

PERBANDINGAN ALGORITMA MACHINE LEARNING DALAM MENENTUKAN PERFORMA PENGGUNA PADA APLIKASI LARI JAVA (Arif Munandar, 2021)

KLASIFIKASI CITRA SKETSA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) (Nurina Salsabila, 2021)

PERBANDINGAN METODE NAÏVE BAYES DAN DECISION TREE DALAM MENENTUKAN PASANGAN AKRONIM DAN EKSPANSINYA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BIG DATA SPARK (TEUKU WAHYU ARDHIAN PUTERA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy