//

ANALISIS KEBANGKRUTAN DENGAN METODE Z-SCORE ALTMAN PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. DANANG ASMANAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berbagai macam pendekatan dalam pengukuran kinerja perusahaan telah banyak digunakan dalam penelitian-penelitian ilmiah. Hal ini menunjukkan beragam pemikiran tentang kinerja perusahaan, suatu kinerja yang menggambarkan kondisi perusahaan selama beroperasi. Kinerja perusahaan penting untuk diukur nilainya, karena untuk mengetahui kemampuan manajer dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan yang diamanatkan oleh para pemilik. Tulisan ini mencoba untuk memaparkan kembali tentang Altman Z-score sebagai indicator pengukur kinerja perusahaan. Suatu pendekatan yang dapat merepresentasikan makna yang lebih besar dari gambaran kondisi perusahaan, sehingga sampai saat ini dan Altman Z-score masih menjadi menu pilihan utama bagi para peneliti sebagai indikator dari pengukuran kinerja perusahaan. Altman menggunakan lima rasio keuangan yang diperuntukkan bagi perusahaan go public yaitu Modal Kerja terhadap Total Aktiva (X1), Laba Ditahan terhadap Total Aktiva (X2), EBIT terhadap Total Aktiva (X3) , Nilai Pasar Ekuitas terhadap Total Hutang (X4), dan Penjualan terhadap Total Aktiva (X5) . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan terhadap 10 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian terhadap 10 sampel perusahaan makanan dan minuman ini, adalah 3 perusahaan dinyatakan dalam estimasi kebangkrutan yaitu PT. Tiga Pilar Indonesia, PT.Sekar Laut Tbk, dan PT. Ultra Jaya Milk., 4 perusahaan diantaranya dalam kondisi rawan yaitu PT. Cahaya Kalbar.Tbk, PT. Delta Djakarta Tbk, PT.Multi Bintang Indonesia Tbk, dan PT. Mayora Indah., dan 3 perusahaan lainnya yaitu PT. Akasha Wira. Internasional, PT.Indofood Sukses Makmur Tbk, dan PT.Prasidha Aneka Niaga Tbk.. dalam kondisi sehat. Kata kunci: Altman Z-score dan Kinerja Perusahaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS POTENSI KEBANGKRUTAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN PADA PERUSAHAAN FARMASI DI BURSA EFEK INDONESIA (Rini Puspitasari, 2020)

ANALISIS KEBANGKRUTAN DENGAN METODE Z-SCORE ALTMAN PADA INDUSTRI BARANG KONSUMSI SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA (M. DANANG ASMANAN, 2016)

THE IMPACT OF EARNINGS PER SHARE, DIVIDEND PAYOUT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, AND INVESTMENT OPPORTUNITY SET ON STOCK RETURN (EMPIRICAL STUDY ON CONSUMER GOODS INDUSTRY SECTOR COMPANIES LISTED ON INDONESIA STOCK EXCHANGE FOR THE YEAR 2011-2013) (FITRIA MANDARAIRA, 2015)

PENGARUH MODAL KERJA BERSIH, ARUS KAS OPERASI DAN BEBAN BUNGA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (HAEKAL AMIN, 2021)

ANALISIS PERBANDINGAN STABILITAS PERBANKAN SYARIAH DAN KONVENSIONAL DI INDONESIA (MUHAMMAD ICHSAN ADNAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy