//

PENERAPAN METODE-METODE PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA/SMK SEKABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iswandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Iswandi. 2015. Penerapan Metode-Metode Pembelajaran Menulis di SMA/SMK Se-Kabupaten Nagan Raya. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Mohd. Harun, M. Pd. (2) Dr. Ramli, M. Pd. Kata kunci: metode pembelajaran menulis Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran menulis di SMA/SMK se-Kabupaten Nagan Raya? (2) Kendala-kendala apakah yang dihadapi oleh guru di SMA/SMK se-Kabupaten Nagan Raya dalam menerapkan metode pembelajaran menulis? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran menulis dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru di SMA/SMK se-Kabupaten Nagan Raya. Asumsi penelitian adalah (1) masih kurangnya penerapan metode-metode pembelajaran kreatif dan inovatif dalam pembelajaran menulis di SMA/SMK se-Kabupaten Nagan Raya, (2) masih terdapat banyak kendala yang dihadapi guru-guru di SMA/SMK se-Kabupaten Nagan Raya dalam menerapkan metode-metode pembelajaran dalam pembelajaran menulis. Sumber data penelitian ini adalah guru bidang studi Bahasa Indonesia pada SMA Negeri 1 Seunagan, SMA Negeri 1 Beutong, SMK Negeri 1 Nagan Raya, dan SMA Negeri 2 Kuala. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukuan dengan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi sebagai pedoman observasi dan lembar wawancara sebagai pedoman untuk melengkapi data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru bidang studi Bahasa Indonesia di Nagan Raya adalah metode tanya jawab, problem solving, picture and picture, resitasi, ceramah, dan drill. Penerapan metode pembelajaran menulis di SMA/SMK se-kabupaten Nagan Raya secara umum menunjukkan guru sudah berupaya menggunakan metode-metode pembelajaran menulis yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, serta melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran menulis. Namun, masih terdapat kekurangan-kekurangan dalam penerapannya yang mengakibatkan proses pembelajaran belum maksimal. Dalam penerapan metode-metode pembelajaran menulis masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru, yaitu terbatasnya media pembelajaran menulis, kurangnya kegiatan pelatihan tentang penerapan metode-metode pembelajaran menulis, dan tidak adanya motivasi siswa untuk menulis sehingga proses belajar-mengajar yang dilaksanakan masih belum maksimal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

PENERAPAN KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI SENI BUDAYA DI SMP KELAS VII SEKABUPATEN NAGAN RAYA (RIKA NURLISMA HN, 2015)

PENERAPAN PETA KONSEP PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEUDE SEUMOT NAGAN RAYA (safrizal, 2014)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI KELAS IV SD NEGERI SAPEK NAGAN RAYA (Rian Kafrawi, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Ainal Mardhiah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy