//

STANDARISASI RESEP NUGGET JAGUNG MANIS (ZEA MAYS SACCHARATA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL HUSNA ZULFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Standarisasi, Nugget, Jagung manis Jagung manis adalah salah satu jenis serealia yang digunakan sebagai bahan makanan. Jagung manis mengandung fosfor yang tinggi, fosfor berfungsi untuk membantu sintesa protein yang diperlukan tubuh, membangun jaringan tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak. Fosfor sangat baik bagi pertumbuhan anak balita, oleh karena itu balita sangat membutuhkan fosfor yang cukup untuk tubuh, sehingga sel-sel tubuh akan tumbuh dengan sehat. Jagung manis dapat dijadikan olahan makanan diantaranya berupa nugget yang layak dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resep standar nugget jagung manis, mengetahui daya terima konsumen terhadap cita rasa nugget jagung manis dan mengetahui kandungan gizi nugget jagung manis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data-data dari uji pengamatan dianalisis dengan cara menentukan nilai rata-rata (mean) dari total yang diperoleh dari narasumber. Data-data dari uji penerimaan dianalisis menggunakan analisis varian (anova) satu jalur pada pembuatan nugget yang diperoleh dari narasumber, panelis anak-anak TK (balita usia 4-5 tahun) dan penelis konsumen (SD usia 12 tahun kelas 6 dan Manula usia 60-70 tahun). Resep standar nugget jagung manis diperoleh adalah resep standar perlakuan pertama yang terdiri dari 250 gram jagung manis, 70 gram tepung terigu, 150 gram telur ayam, 20 gram bawang bombay, 20 gram bawang putih, 2 gram merica, 2 gram garam, 500 gram tepung panir, 50 gram putih telur untuk memanir dan 500 gram minyak goreng. Nugget hasil standarisasi perlakuan pertama lebih diterima oleh narasumber, panelis anak-anak TK (usia 4-5 tahun), dan panelis konsumen (SD usia 12 tahun dan Manula usia 60-70), berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh tertinggi dibandingkan nugget perlakuan pertama karena berwarna kuning keemasan, aromanya harum, teksturnya lembut dan rasanya gurih. Hasil uji laboratorium yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kandungan gizi nugget jagung manis adalah 24,8218 % karbohidrat, 4,3772 % protein, dan 32,4600% lemak. Diharapkan kepada Ibu dan pengelola makanan balita untuk mengolah nugget jagung manis untuk balita. Nugget jagung manis merupakan makanan beku, jadi praktis diolah untuk snack anak balita. Dan diharapkan kepada masyarakat untuk memproduksi nugget jagung manis sebagai sebuah peluang usaha, serta bagi peneliti berikutnya untuk melihat daya tahan nugget jagung manis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAN DAYA TERIMA KONSUMEN ANTARA NUGGET JAGUNG MANIS (ZEA MAYS L) DENGAN NUGGET KULIT SINGKONG (MANIHOT ESCULENTA) (Fizzah Mastura, 2018)

PENDUGAAN UMUR SIMPAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS SACCHARATA) MENGGUNAKAN PERSAMAAN ARRHENIUS MELALUI TAHAPAN PRE- COOLING PADA PENYIMPANAN DINGIN (Muzakir, 2017)

ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA TANI JAGUNG MANIS HIBRIDA PADA KELOMPOK TANI TGK BAK ASAN DI DESA LAMBADA PEUKAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Mulyani, 2015)

KAJIAN PROSPEK USAHA PRODUKSI SUSU JAGUNG MANIS DI KOTA BANDA ACEH (Syamratul Achwan, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA DAN KALIUM IODAT TERHADAP SIFAT KIMIA, PERTUMBUHAN, HASIL DAN KANDUNGAN IODIUM DALAM BIJI JAGUNG MANIS (ZEA MAYS L. VAR. SACCHARATA) (MINARNI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy