//

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI NENAS DI KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 1979-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOPI SARI DEWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Sosial Ekonomi, Petani Nenas Skripsi ini berjudul”Dinamika Sosial Ekonomi Petani Nenas Di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah Tahun 1979-2014” penelitian ini bertuajuan: 1) untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan masyarakat di Kecamatan Pegasing berpindah dari petani sawah ke petani nenas. 2) untuk menganalisis proses peralihan dari petani sewah ke petani nenas. 3) untuk menganalisis perkembangan sosial ekonomi petani nenas di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh tengah tahun 1979-2014. 4) untuk mengkaji kendala-kendala apa saja yang di hadapi petani nenas di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh tengah Tahun 1979-2014. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian adalah sejarah kritis (historis). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara dengan metode sejarah yang terdiri dari lima langkah kerja: pemilihan tema, pengumpulan sumber, keritik sumber, penafsiran dan penulisan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) faktor penyebab masyarakat Pegasing beralih dari petani sawah ke petani nenas karena pendapatan lebih tinggi nenas dari pada bersawah dan sistem panen lebih mudah nenas di bandingkan dengan bersawah. 2) peralihan masyarakat Pegasing dari sawah ke nenas karena tanaman nenas lebih menunjang perekonomian masyarakat sehingga pada tahun 1979 mereka mulai membudidayakannya. 3) Perkembangan kehidupan sosial ekonomi petani nenas di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah dari tahun 1979-2014 mengalami naik turun, hal ini dikarenakan terjadinya naik turun pada harga nenas. Namun bekerja sebagai petani nenas dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan membiayai pendidikan anak ke tingkat perguruan tinggi. 4) Kendala yang dihadapi para petani nenas adalah pada saat datangnya musim hujan, dimana pemasaran hasil produksi terhambat sehingga buah nenas yang sudah dipanen menjadi busuk hal inilah yang membuat petani nenas menjadi rugi besar. Dengan adanya penelitian ini disarankan kepada masyarakat petani nenas hendaknya lebih giat lagi dalam mengelola lahan pertanian dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang sosial ekonominya kurang mencukupi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KAKAO DI KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA, 1999-2014 (Ida Zahara, 2018)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KARET GAMPONG ALUE TAMPAK, KECAMATAN KAWAY XVI, KABUPATEN ACEH BARAT, 1986-2014 (yusnidar, 2015)

ANALISIS PEMASARAN NENAS DI KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH (ENI MASNAWATI, 2020)

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHATANI NENAS (ANANAS COMOSUS) DI KECAMATAN KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Radiyansyah Putra, 2020)

DAMPAK PENURUNAN HARGA KOPI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI KOPI ARABIKA DI KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH (HAIRANI FITRI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy