//

ANALISIS MISKONSEPSI PADA KONSEP PRASYARAT ALJABAR YANG TERJADI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAYAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurlita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurlita (2013) Analisis Miskonsepsi pada Konsep Prasyarat Aljabar yang Terjadi pada Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah . Konsep Prasyarat aljabar yang harus dipahami oleh guru sekolah dasar (SD) diantaranya konsep bilangan dan operasi numerik, rasio/proporsi, dan urutan operasi. Ketiga konsep prasyarat tersebut juga perlu dipahami mahasiswa PGMI sebagai calon guru di SD. Kurangnya pemahaman terhadap konsep prasyarat dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada siswa. Peneliti ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman konsep prasyarat aljabar mahasiswa PGMI, (2) menganalisis miskonsepsi apa saja yang terjadi pada mahasiswa PGMI untuk konsep prasyarat aljabar, dan (3) menganalisis faktor penyebab miskonsepsi pada konsep prasyarat aljabar yang dialami mahasiswa PGMI. Penelitian ini melibatkan 12 mahasiswa PGMI UIN Ar-Raniry. Data diperoleh melalui tes diagnostik dan wawancara yang seterusnya dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman mahasiswa pada konsep prasyarat aljabar yaitu (a) hanya sedikit mahasiswa yang memiliki pemahaman bilangan prima dan pembagian dengan nol, sebahagian mahasiswa memiliki pemahaman operasi pecahan campuran, dan sebahagian besar mahasiswa memiliki pemahaman konsep bilangan bulat dan operasi pecahan biasa, (b) hanya sebahagian mahasiswa yang memiliki pemahaman konsep rasio/proporsi, dan (c) belum semua mahasiswa memiliki pemahaman konsep urutan operasi, (2) mahasiswa mengalami miskonsepsi pada konsep pecahan, bilangan prima, bilangan bulat, operasi campuran, dan operasi pada bilangan pecahan, dan (3) penyebab miskonsepsi pada (i) operasi bilangan pecahan karena kurang memahami pecahan senilai dan kesalahan pada aturan. (ii) konsep bilangan bulat dan bilangan prima karena pemahaman pengertian yang tidak akurat akan konsep, (iii) operasi campuran karena kurang memahami operasi bilangan bulat negatif, (iv) pembagian dengan bilangan nol karena asumsi awal mahasiswa yang menganggap pembagian terhadap bilangan nol sama dengan perkalian terhadap bilangan nol. Implikasi hasil penelitian yaitu perlunya upaya untuk memperbaiki pemahaman mahasiswa calon guru terutama mahasiswa PGMI melalui tindakan yang tepat. Kata Kunci: Miskonsepsi, Konsep Prasyarat Aljabar, Mahasiswa PGMI.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA KONSEP MEKANIKA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2012/2013 (Frima Yanty Berutu, 2014)

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALJABAR (Fauza Usni, 2016)

NOTICING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH PADA MATERI OPERASI ALJABAR (Desy, 2017)

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU MATEMATIKA DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Irma Putriyani, 2016)

PENERAPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA BAGI SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAYYAH TERPADU (MIT) AARUT TAHFIZH AL-IKHLAS (Siti Annisa Hadiyani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy