//

ANALISIS KAUSALITAS ANTARA EKSPOR, INFLASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA: BUKTI EMPIRIS SEBELUM DAN SETELAH KRISIS KEUANGAN ASIA 1997

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SONYA LUKMAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ANALISIS KAUSALITAS ANTARA EKSPOR, INFLASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA: BUKTI EMPIRIS SEBELUM DAN SETELAH KRISIS KEUANGAN ASIA 1997 Oleh: Sonya Lukman NIM: 1409200010030 Pembimbing: 1. Dr.Aliasuddin, M.Si 2. Dr.M. Shabri Abdul Majid, M.Ec ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jangka pendek dan jangka panjang antara ekspor, inflasi pada pertumbuhan ekonomi, serta analisis bagaimana hubungan kausalitas multivariat antara variabel tersebut di Indonesia pada periode sebelum krisis 1997 (1985:Q1 sampai dengan 1996: Q4) dan setelah krisis (2000:Q1 sampai dengan 2011: Q4) dengan menggunakan model autoregressive distributed lag (ARDL). Hasil uji penelitian menunjukkan bahwa sebelum krisis hanya inflasi yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Sedangkan setelah krisis ekspor dan inflasi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek dan jangka panjang . Kemudian hasil uji kausalitas multivariat menemukan bahwa adanya hubungan kausalitas satu arah (unidirectional) antara ekspor dan pertumbuhan ekonomi, juga hubungan kausalitas dua arah (bidirectional) antara inflasi dan pertumbuhan ekonomi untuk periode sebelum dan setelah krisis. Berdasarkan hasil uji tersebut maka dapat dikatakan bahwa ekspor mendorong pertumbuhan ekonomi “export-led growth” untuk diperlukan kebijakan yang dapat meningkatkan ekspor misal melalui ekspansi ekspor serta perlu juga kebijakan yang dapat mengontrol inflasi. Kata kunci: Ekspor, inflasi, pertumbuhan ekonomi, kausalitas, ARDL

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

NILAI EKSPOR KOPRA DI INDONESIA SEBELUM KRISIS DAN SETELAH KRISIS : PENGARUH PENDAPATAN LUAR NEGERI DAN HARGA LUAR NEGERI (HERI MULYADI, 2019)

HUBUNGAN KAUSALITAS PERDAGANGAN LUAR NEGERI, INVESTASI PORTOFOLIO, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (Kana Rizki Dara Mutia, 2014)

HUBUNGAN KREDIT KONSUMSI, KREDIT INVESTASI DAN SUKU BUNGA DENGAN INFLASI DI INDONESIA (AZKA RIZKINA, 2017)

IDENTIFIKASI PENYEBAB KRISIS MONETER DAN KEBIJAKAN BANK SENTRAL DI INDONESIA: KASUS KRISIS TAHUN(1997-1998 DAN 2008) (Putri Keumala Sari, 2016)

PENGARUH SUKUK TERHADAP INFLASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER DI INDONESIA (SURIANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy