//

PEMANFAATAN FASILITAS KREDIT UKM DI GAMPONG RAWASARI KEC. TRIENGGADENG KAB. PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUSNIDAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pemanfaatan, Fasilitas Kredit, UKM Penelitian ini mengenai pemanfaatan fasilitas kredit UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Gampong Rawasari Kec.Trienggadeng Kab. Pidie Jaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya fasilitas kredit (jumlah uang) yang diterima oleh masyarakat Rawasari, pemanfaatan fasilitas kredit kedalam beberapa jenis usaha, tanggapan responden mengenai manfaat yang dirasakan setelah ada fasilitas kredit digampong Rawasari, serta masalah yang masih dihadapi oleh responden pada saat mengembalikan uang kredit pada saat jatuh tempo kepada perbankan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 24 responden yang merupakan total populasi penerima fasilitas kredit di Gampong Rawasari. Data dikumpulkan melalui Observasi dan Angket, setelah data tersebut terkumpul selanjutnya diolah menggunakan rumus persentase sederhana, dengan asumsi persentase tertinggi akan diambil menjadi kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata besarnya fasilitas kredit yang diterima oleh seluruh responden berjumlah Rp 28.125.000,00, fasilitas kredit dimanfaatkan kedalam 3 sektor usaha yaitu sektor jasa, sektor dagang, dan sektor industri. Sektor usaha dagang lebih dominan dijalankan dibandingkan dengan sektor usaha jasa dan sektor industri. Tanggapan responden mengenai manfaat fasilitas kredit dapat dirasakan kedalam beberapa statement yaitu dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi pengangguran di Gampong Rawasari dan menciptakan kemakmuran yang merata di Gampong Rawasari. Masalah yang masih dihadapi oleh responden yaitu laba yang belum stabil setiap bulan sehingga menyulitkan penerima fasilitas kredit dalam membayar cicilan perbulan yang telah ditetapkan diawal transaksi dengan pihak perbankan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fasilitas kredit sangat bermanfaat khususnya penerima fasilitas kredit dan umumnya masyarakat di Gampong Rawasari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SD NEGERI 2 TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (JULIANTI, 2019)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KAKAO DI KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA, 1999-2014 (Ida Zahara, 2018)

TRANSFORMASI GEUDEU GEUDEU MENJADI SENI PERTUNJUKAN DI TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (LAINA WAHYUNI, 2019)

PEMERIKSAAN KONTAMINASI BORAKS PADA BAKSO DAGING SAPI DI KABUPATEN PIDIE JAYA (RIZAL FUADI, 2015)

PEMANFAATAN KREDIT MODAL USAHA DARI PT. BRI UNIT RNLABUHANHAJIRN(SUATU PENELITIAN PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN LABUHANHAJI RNKABUPATEN ACEH SELATAN) (Fizia Mayelli, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy