//

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irmayanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: pembentukan karakter, kegiatan kepramukaan Penelitian ini membahas tentang: Upaya Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di SMP Negeri 9 Banda Aceh.Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah sangat relevan dengan pendidikan karakter, terbukti dengan kesamaan nilai-nilai pendidikan karakter dengan nilai-nilai Dasa Dharma. Dalam upaya menanamkan dan membentuk karakter, pramuka menggunakan kode kehormatan. Kode kehormatan mempunyai makna suatu norma (aturan) yang menjadi ukuran kesadaran mengenai akhlak yang tersimpan dalam hati yang menyadari harga dirinya, serta menjadi standar tingkah laku pramuka dimasyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 9 Banda Aceh, (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan kepramukaan terhadap siswa SMP Negeri 9 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikanupaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 9 Banda Aceh, (2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan kepramukaan terhadap siswa SMP Negeri 9 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang pembina, satu orang pelatih dan enam orang siswa sebagai anggota pramuka di SMP Negeri 9 Banda Aceh. Teknik pengolahan data secara deskriptif kualitatif dan menganalisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk membentuk karakter siswa dalam kegiatan kepramukaan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan menarik dan menantang yang dapat mengembangkan kreatifitas siswa dan juga dapat mengembangkan berbagai keterampilan yang dimiliki siswa seperti kegiatan penjelajahan, pengembaraan, dan menentukan arah, sertamenganjurkan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sekitar seperti mengadakan kegiatan bakti sosial.Adapun Penanaman nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan kepramukaan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan pramuka seperti tali temali, Pertolongan Pertaman Gawat Darurat (PPGD), ketangkasan pionering, morse dan semaphore, membaca sandi pramuka, penjelajahan dengan tanda jejak, pengembaraan, baris berbaris, dan menentukan arah.Dengan demikian pembentukan karakter siswa dalam kegiatan kepramukaan harus dilakukan dengan kegiatan yang menarik dan dapat dilakukan oleh siswa secara sukarela sehingga setiap kegiatan yang dilakukan akan membentuk karakter siswa itu sendiri. Karakter siswa nantinya juga bisa dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupannya secara bermasyarakat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Ajirna, 2017)

UPAYA GURU BERPRESTASI (TELADAN) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (VIRNA AFTALIA, 2018)

PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SMP NEGERI 1 BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (MUHAMMAD SYAHRIL, 2018)

PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DI SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR (SUCI ASTAFRINA, 2019)

PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH (MIFTAHUL JANNAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy